top of page

Pemanfaatan Semen: Tidak Hanya Beton dan Mortar


Merek-merek semen berbeda

Semen adalah bahan bangunan yang berperan penting di dalam dunia konstruksi. Merupakan bahan dasar utama dari beton dan mortar, semen telah merevolusi industri konstruksi dengan memberikan kekuatan, daya tahan, dan fleksibilitas dalam pembangunan berbagai jenis struktur.


Apa saja ragam kegunaan semen dalam dunia konstruksi?


Menstabilkan Tanah lewat Semen Tanah

Tanah dapat distabilkan dengan semen dengan cara mencampur tanah yang telah dihancurkan dengan semen dan air, yang kemudian dipadatkan. Disebut sebagai tanah semen (atau semen tanah), material campuran ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi seperti untuk mengeraskan jalan atau membangun pondasi untuk bangunan, aliran sungai, dan lain sebagainya.


Tanah lempung yang tidak layak digunakan untuk pembangunan juga dapat diperkuat dan distabilkan dengan menambahkan semen dan renolith, menurut studi yang dilakukan di tanah Bekasi pada tahun 2018. Penambahan kedua material ini ke tanah lempung tersebut mampu meningkatkan nilai mekanik tanah sehingga dapat digunakan untuk membangun jalan raya.


Sebagai Plester Pola Stuko

Teknik plester pola (stucco pattern) adalah aplikasi pola tertentu pada plester semen dinding bangunan. Selain memberikan perlindungan dari cuaca dan elemen lainnya, stuko juga memberikan aspek dekoratif karena menghasilkan dinding unik dengan tekstur atau pola yang biasanya berbentuk timbul (emboss).

Salah satu contohnya ada pada gambar berikut. Pola stuko dinding ini tampak sederhana tetapi memberikan efek luar biasa pada interior bangunan.

Pola stuko pada plester semen dinding untuk efek dekoratif

(Sumber: KMEW)


Grouting

Grouting adalah proses penggunaan campuran semen untuk mengisi celah, lubang, atau pori-pori pada konstruksi. Fungsinya adalah agar air tidak mudah lolos masuk ke dalam bangunan dan mempengaruhi integritas konstruksi dalam jangka panjang.


Grouting biasa dilakukan tidak hanya saat awal membangun, tetapi juga bisa dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan struktur bangunan. Terkadang, bangunan dapat mengalami kerusakan struktur atau penyusutan beton ketika mengalami kelebihan beban secara berkelanjutan. Malformasi ini dapat diperbaiki dengan grouting dari bahan non-shrink mortar.


Produksi Beton

Beton yang menjadi tulang punggung berbagai konstruksi –dari rumah, gedung pencakar langit, hingga infrastruktur seperti bendungan dan jembatan– menggunakan bahan semen sebagai material dasar utamanya. Dalam membuat beton, jenis semen yang digunakan biasanya adalah semen Portland yang kemudian dicampur lebih lanjut dengan air dan agregat tambahan lainnya untuk mendapatkan campuran beton. Kontraktor yang ingin menghemat waktu proses pembuatan beton biasanya mempertimbangkan penggunaan beton instan, beton ready mix, maupun beton precast (pracetak) agar tidak perlu membuat seluruh kebutuhan betonnya.


Inovasi terkini adalah beton berserat (fiber reinforced concrete – FRC) yang menambahkan komponen berserat seperti selulosa, serat kaca, atau serat karbon ke dalam campuran semen. Beton FRC ini menawarkan daya tahan dan tegang yang lebih tinggi daripada beton biasa, walaupun pembuatannya pun juga jauh lebih sulit karena serat mudah mengumpul dan tidak tersebar merata saat diaduk.


Membuat Mortar

Mortar yang merupakan campuran semen dengan pasir dan air ini biasanya digunakan untuk melekatkan bahan bangunan seperti batu, bata, atau sejenisnya dalam proyek konstruksi. Selain merekatkan, mortar juga membantu meratakan permukaan bahan-bahan bangunan tersebut.

 

Semen memang merupakan bahan bangunan yang sangat penting di dunia konstruksi. Penggunaannya yang beragam tentunya juga berpengaruh pada jenis semen yang digunakan. Konsultasikan jenis semen dan harga semen yang cocok untuk proyek konstruksi Anda dengan Tunas yang menyediakan semen Tiga Roda, semen SCG, semen Rajawali, semen Jakarta, dan banyak bahan bangunan berkualitas lainnya.



Tentang Tunas

Tunas Niaga Konstruksindo (Tunas) adalah penyedia bahan bangunan berkualitas untuk berbagai proyek dan pabrik dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Komitmen utama Tunas adalah menjaga kepercayaan pelanggan dengan memberikan layanan prima melalui pengiriman barang tepat waktu dan solusi terbaik untuk kebutuhan spesifik Anda. Saat ini Tunas melayani pengiriman di area Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.


Referensi



Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page