top of page

Tips Membangun Gudang Kokoh dengan Murah


Memesan bahan baku maupun produk dalam jumlah besar biasanya lebih menguntungkan karena harga per unitnya menjadi lebih murah. Di saat yang sama, hal tersebut perlu dibarengi dengan fasilitas penyimpanan yang memadai.


Bagi pelaku bisnis, membangun gudang sering menjadi keputusan yang sulit karena investasinya tidak kecil. Solusinya adalah mengetahui trik membangun gudang dengan murah tanpa mengorbankan standar yang dibutuhkan. Di bawah ini adalah cara-cara menghemat pembangunan gudang Anda.


Bangun Gudang Secara Bertingkat

Untuk menghemat biaya tanah, pertimbangkan untuk membangun gudang secara bertingkat. Walaupun membutuhkan biaya akses lift untuk proses keluar-masuk barang, tetapi biaya membuat lift konstruksi jatuhnya akan lebih murah dibandingkan harus membeli tanah yang lebih luas.


Ambil Waktu untuk Perencanaan

Jangan membangun gudang tanpa perencanaan karena dapat berakibat pada inefisiensi biaya, waktu, maupun alur kerja operasional ke depannya. Mulailah dengan mengetahui apa saja yang akan perlu disimpan di dalam gudang tersebut:

  • Ukuran kemasan: untuk menentukan besaran kolom dan baris rak penyimpanan, serta lebar gang antar rak

  • Bobot barang: semakin raknya ke atas sebaiknya bobot kemasannya juga semakin ringan

  • Frekuensi keluar-masuk barang: kemasan yang sering keluar-masuk sebaiknya berada di baris bawah

  • Material/bahan baku: simpan barang mudah terbakar di area terpisah

  • Jumlah per kategori kemasan: untuk menentukan besaran baris dan kolom rak penyimpanan setiap kategori kemasan

Tanpa perencanaan, pembangunan gudang bisa menjadi tidak efisien. Ruang gudang bisa menjadi tidak optimal karena terdapat ruang yang terbuang sia-sia. Tim konstruksi juga dapat melakukan kesalahan karena tidak ada panduan terperinci. Alur gudang yang tidak direncanakan dengan baik juga akan mengganggu alur kerja. Semua hal ini dapat berakibat pada penambahan biaya dan waktu konstruksi gudang serta inefisiensi operasional dalam jangka panjangnya.


Pilih Bahan Bangunan yang Tepat

Pilihlah bahan bangunan yang tidak hanya ramah di kantong, tetapi juga memenuhi syarat kekokohan bangunan gudang yang diinginkan.


Salah satu bahan bangunan yang kokoh untuk dipakai sebagai struktur utama konstruksi gudang adalah besi baja karena material ini tahan karat dan mudah diproduksi dan dipasang sehingga menghemat biaya konstruksi.


Besi baja yang sering dipakai untuk kebutuhan ini adalah tipe WF (wide flange) seperti H-beam. Besi baja H-beam memiliki penampang lebar dan flensa yang tebal sehingga ideal untuk konstruksi platform berukuran luas sekalipun.


Penggunaan H-beam dalam membangun gudang tergolong ekonomis karena penampang H-beam dirancang tegak lurus. Disain ini membuat H-beam kuat menahan beban dari berbagai arah, tetapi tetap ringan. Selain itu, H-beam juga mudah dipotong dan dipasang sehingga menghemat biaya material dan waktu pembangunan.

Rangka gudang dari besi baja H-beam memberi kekokohan, termasuk ketika gudang dibangun bertingkat dan menampung barang-barang berbobot berat.

Opsi bahan bangunan lainnya adalah baja ringan. Harga baja ringan terkenal murah dan mudah didapatkan. Proses pengerjaan gudang berbahan baja ringan pun tergolong cepat dan mudah karena tidak membutuhkan alat berat. Konstruksinya cukup dengan tindakan memotong, menyambung, dan memasang material.


Di lain sisi, baja ringan hanya cocok untuk gudang berukuran kecil karena strukturnya rawan lentur. Karena itulah, baja ringan hanya cocok untuk gudang dengan lebar kurang dari 12 meter atau tinggi maksimal 4 meter.

Baja ringan untuk membangun gudang non-tingkat dengan luas terbatas.

Demikianlah trik untuk membuat gudang dengan biaya bersahabat tetapi tetap kokoh. Jika Anda berencana membangun gudang, jangan ragu untuk menghubungi Tunas yang akan membantu memenuhi kebutuhan konstruksi gudang Anda dengan penawaran harga besi, besi baja, dan baja ringan terbaik.

 

Referensi:




Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page