top of page

Tipe dan Harga Beton Precast


Beton precast

Beton merupakan salah satu bahan bangunan utama di dunia konstruksi. Pada umumnya, beton dibuat dari campuran semen, pasir, dan partikel agregat tambahan lainnya. Campuran ini kemudian diaduk hingga merata dan ditunggu sampai mengeras sebelum siap untuk dipakai. Setelah 1-2 hari, biasanya beton mulai mengeras tetapi belum cukup kuat untuk digunakan. Agar mencapai kekuatan maksimalnya, beton perlu dikeringkan hingga kurang lebih satu bulan.


Waktu yang tidak sedikit ini seringkali menghambat proses konstruksi karena beton sering digunakan di proses awal pembangunan, seperti membuat fondasi, struktur, dan kolom. Beruntunglah sekarang teknologi dunia konstruksi sudah cukup maju sehingga sudah tersedia beton pracetak siap pakai yang memangkas waktu pengerjaan pembangunan.


Beton pracetak atau precast adalah beton yang dibuat di pabrikan sehingga tinggal dikirim ke lokasi konstruksi dan langsung dipakai. Bahan beton pracetak tidak banyak berbeda dari beton konvensional. Hanya saja, karena dibuat di pabrik dalam lingkungan yang terkendali, maka kualitasnya dapat lebih terjaga.


Bentuk beton pracetak umum diantaranya adalah:


Pagar Panel Beton

Pagar panel beton

Foto: PinHome


Pagar beton terdiri dari dua komponen, yaitu, kolom dan panel. Beton siap pakai dalam bentuk batangan ini biasa digunakan untuk pemagaran sekeliling proyek, pabrik, hingga rumah pribadi. Pagar panel ini termasuk popular digunakan di area yang temporer karena mudah dibongkar pasang.


Box Culvert

Beton box culvert

Jenis beton pracetak yang berbentuk kotak besar tetapi dengan bolongan bulat di tengahnya ini sering digunakan untuk saluran air bawah tanah, dan karenanya sering disebut sebagai gorong-gorong. Karena pemanfaatannya sebagai saluran air dan limbah, box culvert bersifat tahan air dan dapat menahan pergeseran tanah.


U-Ditch

Beton u-ditch

Berbeda dengan box culvert yang bersifat tertutup, u-ditch berbentuk seperti huruf U sehingga terbuka di bagian atasnya. Dengan sistem atap terbuka, u-ditch umum digunakan untuk pengairan irigasi dan menampung serta mengalirkan air hujan. Karakteristik tersebut membuat u-ditch sesuai sebagai pengganti struktur got konvensional yang biasanya hanya menggunakan batu kali atau pengecoran setempat yang membutuhkan pengerjaan dalam waktu yang lama.


Kanstin

Kanstin beton

Beton siap pakai kanstin biasanya digunakan sebagai bingkai jalan atau pinggiran taman, jalan raya, atau trotoar. Selain sebagai pemisah antar area, pemasangan kanstin di batas area tersebut akan membantu mengunci lahan tersebut agar tidak mudah bergeser. Kanstin berbentuk modular sehingga bisa tinggal dipasang dan disesuaikan sesuai kebutuhan. Disainnya pun ada yang standar dan ada yang bisa dipesan sesuai keinginan.


Blok Ringan

Blok ringan dari beton

Blok ringan ini terdiri dari berbagai jenis bentuk. Diantaranya adalah blok berongga (hollow block), conblok (paving block), dan blok rumput (grass block). Sesuai dengan namanya, grass block biasa digunakan untuk melapisi bagian atas tanah di area taman agar area tersebut dapat ditapaki tetapi rumput dapat tetap tumbuh. Sedangkan conblok adalah blok modular yang digunakan sebagai pelapis tanah hingga tertutup dan banyak terlihat di teras rumah hingga area parkiran umum.


Hollow block sendiri biasanya digunakan untuk membangun dinding segala jenis, termasuk pengganti dinding bata, partisi, hingga dinding pembatas. Membangun dinding dengan blok berongga biasanya lebih hemat dibandingkan dinding konvensional tetapi tetap kuat.

 

Masih ada banyak lagi jenis beton pracetak lainnya yang bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan konstruksi. Jika ada ingin tahu tipe dan harga beton precast yang tersedia, jangan ragu untuk menghubungi Tunas Niaga Konstruksindo.






Referensi:


Commentaires


Les commentaires ont été désactivés.
bottom of page