top of page

Tangga Unik untuk Rumah Modern


Tangga unik untuk rumah modern

Semakin sempitnya lahan untuk membangun rumah mengubah tren rumah di kota-kota besar seperti di Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek). Tanah bisa jadi sempit, tetapi bangunan rumah bisa diperluas dengan membangun secara bertingkat, dab rumah tingkat ini tentunya membutuhkan tangga.


Supaya tangga tidak membosankan dan dapat berkontribusi terhadap kecantikan desain interior rumah, simak beberapa idenya di bawah ini.


Tangga di Rumah Gaya Geometris

Tangga gaya geometris

Sederhana tetapi terasa modern, tangga ini cocok dibangun sebagai titik fokus di ruangan yang dekornya minimalis. Sekilas tampak seperti seni instalasi geometris, tetapi “karya seni” ini multifungsi: sebagai tangga, kabinet pajangan, rak buku, serta railing pegangan tangga.


Meniru dari inspirasi ini tidak sulit. Desain ini bermain dengan besi baja yang terlihat pada tiang-tiang besi berdiameter kecil yang membentuk rangka geometrisnya serta pijakannya yang memakai papan-papan besi baja. Alternatif material pijakan adalah wood plank yang berwarna kayu dan memberi efek kehangatan.


Tangga Terbuka untuk Memperluas Ruang

Tangga terbuka yang memperluas area

Foto: Homelane


Tangga dengan pijakan dari wood plank seperti ini tidak hanya cantik tetapi juga cocok untuk memberikan efek perluasan ruang karena area tangga terasa seperti dekorasi tanpa mempersempit ruangan. Untuk keamanan, pegangan atau railing dari besi ataupun potongan woodplank bisa dipasang sepanjang dinding tangga. Untuk rumah yang memiliki anak-anak, akan lebih baik jika bagian luar tangga dibatasi dengan kaca yang memberikan keamanan tanpa mengurangi efek perluasan ruang.


Tangga Artistik bak Lukisan

Tangga bak lukisan

Foto: HomeLane


Sekilas tangga-tangga dari balok beton ini tampak seperti bagian dari lukisan besar yang menghiasi dinding belakang sofa. Tetapi, sebenarnya ruang di belakang sofa itu merupakan area asli dengan tangga asli yang membawa Anda ke lantai atas. Kreativitas penempatan tangga di dalam frame dinding ini membuat ruangan terasa estetis, unik, dan berbeda. Dengan dinding bercat putih yang dipadukan dengan hehijauan pohon, ruangan ini terasa tenang, asri, tetapi juga cantik.


Untuk meniru inspirasi di atas, pastikan arsitek dan interior designer Anda memahami bahan bangunan serta memiliki daya kreativitas tinggi. Dinding putih juga bisa dikreasikan dengan dinding bertekstur dengan permainan bata ringan dan mortar, atau cetakan semen di sisi luar dinding.

Tangga Kabinet Multifungsi

Memfungsikan area bawah tangga

Foto: HomeLane


Bagian bawah tangga kerap menjadi daerah void yang tidak berfungsi dengan baik karena bentuk bawah tangga yang tidak umum. Anda bisa memanfaatkan area bawah tangga menjadi rak buku atau area pajangan seperti ini sehingga tidak saja ruang bawah tangga menjadi fungsional, tetapi juga terlihat cantik. Agar kokoh dan tahan lama, buatlah tangga ini dari beton yang mudah dibentuk atau dipadukan juga dengan wood plank yang memiliki beberapa pilihan warna alami.

Area bawah tangga untuk rak penyimpanan
Contoh lain penggunaan area bawah tangga sebagai rak penyimpanan.

Tangga Pilin Pusat Perhatian

Tangga pilin pusat perhatian

Foto: Hauzz


Tangga pilin teradang kurang populer karena bentuknya yang melingkar sehingga membutuhkan kreativitas lebih untuk menyertakannya dengan baik ke dalam desain interior ruangan secara keseluruhan. Padahal, tangga pilin bisa menjadi dekorasi cantik di dalam rumah Anda, bahkan menjadi pusat perhatian para tamu.


Itulah beberapa inspirasi tangga unik dan modern untuk rumah Anda. Disarankan untuk tidak membuat tangga dari bahan kayu asli karena mudah lapuk dan dimakan rayap. Untuk bahan yang lebih tahan lama, pakailah beton, wood plank, maupun besi yang sudah dilapisi anti karat. Tunas menyediakan semua material tahan lama ini.




Tentang Tunas

Tunas Niaga Konstruksindo (Tunas) adalah penyedia bahan bangunan berkualitas untuk berbagai proyek dan pabrik dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Komitmen utama Tunas adalah menjaga kepercayaan pelanggan dengan memberikan layanan prima melalui pengiriman barang tepat waktu dan solusi terbaik untuk kebutuhan spesifik Anda. Saat ini Tunas melayani pengiriman di area Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Opmerkingen


Opmerkingen zijn uitgezet.
bottom of page