top of page

Taman Bermain yang Menarik dan Ramah Anak


Ilustrasi taman bermain

Taman bermain di lingkungan publik memiliki banyak manfaat penting bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Anak-anak bisa beraktivitas fisik dan mendapatkan teman baru, orang dewasa bisa bersantai sambil mengawasi anak-anak mereka bermain, dan hubungan antarwarga yang tinggal di sekitaran taman bermain bisa semakin kuat dengan pertemuan rutin di area taman bermain ini.


Agar anak-anak dan orang tuanya tertarik untuk mengunjungi taman bermain di lingkungannya, taman bermain perlu dibangun dengan apik, menarik, dan nyaman. Di bawah ini adalah beberapa inspirasi untuk membangun taman bermain yang akan memikat para warga yang melewatinya.


Taman Bermain dengan Tema Edukatif

Taman bermain tematik
Foto: Landscape Structures

Jika bujetnya mencukupi, maka taman bermain bisa dibuat dengan tema tertentu. Taman bermain di atas mengangkat tema luar angkasa, sehingga anak-anak tidak hanya bermain, tetapi juga belajar mengenai antariksa.


Terlihat adanya pajangan planet-planet di galaksi Bima Sakti berderet cantik di atas tiang besi. Terlihat pula bentuk bulan dan meteorit pada gua, serta UFO sebagai atap. Disain pagar besi pembatas taman pun menyertakan benda-benda luar angkasa: bintang, roket, dan planet. Ketika berada di taman ini, orang tua pun berkesempatan untuk memperkenalkan dan menjelaskan tentang benda-benda luar angkasa ke anaknya. Seru, bukan?


Masih banyak tema edukatif lainnya yang juga seru untuk dipakai di taman bermain. Taman Angka bisa memperkenalkan konsep logika dan matematika dasar melalui permainan seperti ular tangga dan tic-tac-toe. Taman Sains bisa menjelaskan cara kerja setiap permainan dalam lingkup sains, misalnya jam matahari dan karakteristik cahaya, perosotan dan gravitasi, jungkat-jungkit dan persebaran gaya, atau pelangi di kolam air muncar.


Optimalisasi Aktivitas Fisik Anak

Konsep umum taman bermain: besi berperan penting

Taman bermain seperti pada gambar di atas merupakan playground yang memaksimalkan pergerakan fisik anak-anak: dari memanjat, menjaga keseimbangan, hingga merasakan asyiknya ditarik oleh gravitasi. Taman seperti ini mudah dibangun karena materialnya mayoritas menggunakan besi dan baja. Rumputnya pun tidak perlu dipangkas karena bisa langsung ditiban dengan blok tapak atau beton precast sebagai lantai dasar taman bermainnya.


Playground Sederhana nan Menarik

Taman bermain sederhana yang rendah biaya pembangunan
Foto: Korea JoongAng Daily

Membangun taman seperti ini sangat hemat biaya karena peralatan bermain yang dibangun tidak banyak, hanya jembatan keseimbangan yang bisa dibuat dengan sederhana dari besi dan woodplank atau beton, serta jaring gantung yang seru karena terasa seperti ayunan bersama. Area duduk juga bisa dibuat multifungsi dengan bahan beton yang menjadi tempat duduk sekaligus pembatas area hijau.


Desain yang membuat daerah taman bermain ini seru dan menarik ada pada warna-warni lantainya. Lantai ini bisa digambari dengan berbagai permainan, misalnya ular tangga atau lompat kaki (hopscotch). Area yang dulunya dipenuhi dengan con block (lihat gambar insert di atas kanan), disulap menjadi rata untuk taman bermain. Cara termudah untuk membuat lantai rata tentunya adalah dengan menggunakan beton yang mudah diratakan lalu dicat.


Tidak sulit, kan, untuk membangun sebuah taman bermain? Bahan bangunan yang diperlukan tergolong sederhana dan mudah didapatkan. Lantai bisa menggunakan beton yang kemudian dilapisi lagi dengan bahan yang lunak untuk melindungi anak-anak yang terjatuh. Alat-alat bermainnya juga mayoritas dapat dibangun dengan menggunakan besi dan/atau baja yang kokoh dan tahan lama.


Jika area tempat tinggal Anda belum memiliki taman bermain, ajukanlah pembangunannya agar lingkungan Anda menjadi lebih menarik dan ramah anak. Untuk material pembangunannya, Tunas siap untuk membantu penyediaannya: terpercaya dan tepat waktu.




Tentang Tunas

Tunas Niaga Konstruksindo (Tunas) adalah penyedia bahan bangunan berkualitas untuk berbagai proyek dan pabrik dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Komitmen utama Tunas adalah menjaga kepercayaan pelanggan dengan memberikan layanan prima melalui pengiriman barang tepat waktu dan solusi terbaik untuk kebutuhan spesifik Anda. Saat ini Tunas melayani pengiriman di area Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page