top of page

Semen Sokong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia


Semen, penyokong pertumbuhan ekonomi Indonesia

Semen adalah bahan bangunan penting yang berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pasalnya, semen merupakan tulang punggung berbagai pembangunan penting seperti jalan raya, gedung, bendungan, dan infrastruktur fasilitas publik lainnya. Keberadaan infrastruktur umum tersebut membantu mengoptimalkan kapasitas produksi sumber daya dan meningkatkan perekonomian di daerah tersebut.


Industri konstruksi di Indonesia memang sangat pesat perkembangannya. Pemerintah sendiri banyak menjalankan proyek infrastruktur di seluruh Indonesia, mulai dari jalan raya, jalan tol lintas provinsi, perluasan pelabuhan laut dan udara untuk logistik serta umum, pembangunan bendungan, hingga megaproyek pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur.


Pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang terjadi di seantero Indonesia ini diharapkan dapat membuka akses, meningkatkan efisiensi logistik, dan menumbuhkan perekonomian di berbagai daerah.


Peran Semen dalam Pembangunan Indonesia


Penggunaan semen yang paling umum adalah untuk membuat beton, mortar, dan nat. Beton sendiri umum dipakai pada struktur berbagai bangunan.


Mayoritas gedung menggunakan beton bertulang, yakni beton yang ditulangi batang baja yang kerap disebut dengan besi beton. Semen juga sering digunakan sebagai plester material pada struktur gedung. Karena itulah semen berperan penting dalam pengadaan rumah tinggal dan gedung fasilitas pendukung masyarakat.


Selain itu, semen yang merupakan bahan baku beton sangat berperan penting dalam pembangunan jalan raya dan jembatan di seluruh Indonesia. Ketersediaan semen membantu pemerintah untuk dapat membuka dan memperbaiki akses keluar-masuk ke daerah tertentu dan mempermudah logistik serta memperluas peluang pemasukan dari ekonomi pasar yang membesar dan pariwisata.


Beton juga merupakan bahan utama pembuatan bendungan (baca: Meningkatkan Daya Pikat Area Bendungan). Infrastruktur ini sangat krusial dalam penyediaan fasilitas dasar seperti air bersih dan listrik untuk daerah sekitarnya. Daerah yang mendapatkan aliran listrik dan air bersih dengan stabil tentunya akan mampu mengoptimalkan sumber dayanya, seperti pertanian, perikanan, bisnis rumah tangga, dan sektor ekonomi lainnya.


Ketika perekonomian masyarakat membaik, maka sektor lainnya juga akan turut menikmati hasilnya karena daya beli konsumen pun akan turut meningkat. Ini akan menjadi sinyal positif bagi industri konsumsi, pariwisata, konstruksi, dan komersial.


IKN dan Rumah Tapak Mendorong Permintaan Semen

Semen banyak digunakan untuk pembangunan IKN
Istana Kepresidenan Republik Indonesia di area Ibu Kota Negara (IKN). Ini hanyalah salah satu bangunan dari masifnya pembangunan di areal IKN yang juga meliputi areal hunian, kesehatan, industri, pendidikan, transportasi umum, pertanian, dan ruang hijau terbuka. (Sumber: I Nyoman Nuarta)

Di tahun 2023 ini, permintaan semen melonjak tinggi setelah mengalami perlambatan selama masa pandemi COVID-19. Laporan kuartal pertama dari BCI Central menyebutkan proyek rumah tapak, pabrik dan manufaktur, serta kantor pemerintahan sebagai penggerak utama konstruksi gedung tahun ini.


BCI Central memprediksikan bahwa pada akhir tahun 2023, rumah tapak akan menjadi pemimpin pasar di segmen konstruksi gedung. Sedangkan, sektor-sektor lainnya –pabrik, manufaktur, dan kantor pemerintahan– mayoritas disumbangkan dari intensitas pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Dari sisi konstruksi sipil, laporan BCI Central menyebutkan jalan, jembatan, dan bendungan sebagai penggerak utamanya. Pembangunan infrastruktur ini memang sedang masif dilakukan di IKN.


Daerah yang didukung dengan infrastruktur yang memadai tentunya akan mampu meningkatkan perekonomian warganya karena kualitas hidup meningkat dan akses pasar serta logistik membaik. Jika Anda turut berperan dalam pembangunan Indonesia ini, jangan ragu untuk bermitra dengan Tunas yang memiliki pengalaman profesional dalam menyediakan berbagai bahan bangunan berkualitas.




Tentang Tunas

Tunas Niaga Konstruksindo (Tunas) adalah penyedia bahan bangunan berkualitas untuk berbagai proyek dan pabrik dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Komitmen utama Tunas adalah menjaga kepercayaan pelanggan dengan memberikan layanan prima melalui pengiriman barang tepat waktu dan solusi terbaik untuk kebutuhan spesifik Anda. Saat ini Tunas melayani pengiriman di area Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.


Referensi

Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page