top of page

Rumah yang Nyaman Tidak Harus Luas

Rumah kecil cluster

Semakin hari semakin banyak pilihan bangunan rumah yang ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Di seputar Jakarta, seperti Tangerang, Bekasi, Depok, Bogor, dan sekitarnya, menjamur berbagai rumah petak mungil nan cantik. Walaupun kecil, tetapi rumah minimalis tersebut tetap dapat Anda optimalkan untuk menjadi tempat tinggal yang nyaman.


Sebelum dihuni, pastikan beberapa hal berikut.


Memeriksa Dak Atas

Rumah minimalis berjenis cluster siap pakai seringkali memiliki desain atap rata, atau rata sebagian. Dak atas seperti ini cocok sekali jika Anda ingin menambah ruang aktivitas di area atap, seperti untuk menjemur pakaian, menanam dalam pot, hingga membuat area piknik atau BBQ.


Karena fleksibilitas penggunaannya tersebut, pastikan sebelum Anda melengkapi area dak beton tersebut dengan berbagai perkakas dan interior cantik, dak sudah terlapisi waterproofing dengan baik. Hal ini untuk mencegah retak halus pada dak beton tanpa atap yang kerap terjadi karena paparan perubahan suhu. Keretakan ini bisa semakin parah ke depannya dan menyebabkan bocor ke dalam rumah, terutama saat hujan deras.


Setelah di-waterproof, Anda dapat mengurangi paparan tersebut dengan menambahkan ‘penutup’ dak agar tidak langsung terpapar sinar matahari. Salah satunya adalah dengan melapisi area dak dengan woodplank sehingga tidak saja beton dak terlapisi dari paparan langsung sinar matahari, tetapi area dak Anda akan terlihat manis dan elegan. 


Jika sudah cantik, tentu saja area dak tersebut akan menyenangkan untuk dipakai beraktivitas, seperti bersantai atau bercocok tanam sambil menunggu jemuran kering.


Periksa Seluruh Struktur Rumah

Hal ini terutama penting jika Anda membeli rumah yang sudah berumur. Terkadang, terdapat retakan pada dinding yang baiknya Anda plester terlebih dahulu sebelum rumah digunakan. Jika Anda melakukan renovasi, retakan-retakan seperti ini dapat Anda siasati dengan menggunakan semen atau mortar sisa.


Periksa juga area plafon dan sekat dinding yang terbuat dari gipsum. Perhatikan apakah ada area yang warnanya berbeda sendiri karena hal tersebut bisa mengindikasikan terjadinya kebocoran atau kondisi berjamur. Baiknya, gipsum mudah diperbaiki, tetapi tentunya akan lebih nyaman bagi penghuni jika tidak ada lagi pengerjaan konstruksi setelah rumah ditempati. 


Periksa juga komponen-komponen besi dan baja sekitaran rumah, terutama apakah ada materi besi yang terekspos dan sudah mulai berkarat. Jika ya, bersihkan karat tersebut terlebih dahulu lalu lapisi dengan anti karat atau cat. 


Utamakan Ruang Gerak

Rumah yang nyaman adalah rumah yang tidak mempersulit ruang gerak penghuninya. Jika rumah Anda minimalis, pastikan dibarengi pula dengan gaya hidup minimalis. Isi rumah hanya dengan perabot yang benar-benar diperlukan. 


Hal ini lebih penting lagi jika Anda memiliki anak kecil yang membutuhkan banyak ruang gerak untuk mengembangkan motoriknya. Jika terlalu banyak perabot, maka tidak saja ruang geraknya terbatas, tetapi juga dapat membahayakan penghuni yang bisa mudah terantuk hingga jatuh.


Selain itu, perabot yang minimalis juga akan membantu mengoptimalkan jalannya aliran udara sehingga rumah lebih segar dan tidak terasa sumpek.


Rumah nyaman tidak harus berukuran luas. Jika Anda bisa memastikan kesehatan struktur rumah, membangun interior yang cantik, serta mengisi rumah dengan bijak, maka rumah kecil pun bisa menjadi oase yang menyegarkan. Untuk material seperti woodplank, gipsum, besi dan baja tahan karat, serta semen, percayakan pada Tunas yang sudah dipercaya oleh proyek berbagai skala.


Kami siap menjadi mitra konstruksi rumah impian Anda.




Tentang Tunas

Tunas Niaga Konstruksindo (Tunas) adalah penyedia bahan bangunan berkualitas untuk berbagai proyek dan pabrik dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Komitmen utama Tunas adalah menjaga kepercayaan pelanggan dengan memberikan layanan prima melalui pengiriman barang tepat waktu dan solusi terbaik untuk kebutuhan spesifik Anda. Saat ini Tunas melayani pengiriman di area Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page