top of page

Rumah Modular: Ringkas, Cepat, dan Terjangkau


Pemasangan modul rumah modular

Rumah modular adalah jenis rumah prefabrikasi (prefab) yang dibangun dalam beberapa bagian terpisah yang siap dipilih-pilih lalu diangkut ke lokasi konstruksi untuk dirakit di tempat. Untuk negara berkembang seperti Indonesia, rumah modular sangat cocok untuk menyediakan tempat tinggal layak bagi banyak masyarakat yang membutuhkannya.

Di bawah ini adalah beberapa alasannya:

  • Pembangunannya cepat. Rumah modular dapat dibangun sangat cepat karena modul-modulnya sudah tersedia dan bisa langsung dipakai. Faktor ini krusial, terutama ketika terdapat urgensi akan tempat tinggal layak untuk masyarakat pasca bencana alam atau untuk membuat wilayah pengungsian darurat.

  • Biaya bersahabat. Karena modul-modul untuk rumah prefab diproduksi secara masal, biayanya pun menjadi lebih bersahabat. Karena itulah, rumah modular dapat menjadi solusi terbaik untuk seluruh daerah di Indonesia.

  • Budaya berorientasi kekeluargaan. Masyarakat Indonesia biasanya suka tinggal dekat dengan keluarganya. Ketika anak-anak mulai berkeluarga, modul rumah dapat ditambahkan di lahan yang sama untuk tempat tinggal keluarga baru.

Walaupun biayanya bersahabat dan mudah pembangunannya, bukan berarti desain rumah modular hanya itu-itu saja. Agar gayanya menarik, simak beberapa inspirasinya di bawah ini.


Rumah Kabin

Rumah modular model kabin

Rumah modular sederhana berbentuk kabin ini cocok untuk dibangun di daerah-daerah dekat alam seperti di pedesaan ataupun perbukitan. Ketika di dalam rumah, penghuni masih bisa merasa berada di tengah alam melalui visualisasi jendela.


Rumah modular sederhana dari baja dan wood plank seperti ini tidak hanya mudah dan cepat dibangun, tetapi juga mudah untuk dibongkar dan dipindahkan jika diperlukan. Rumah kabin ini juga dapat berfungsi sebagai ruang tinggal tambahan di lahan kosong sebuah rumah.


Rumah Klasik

Rumah modular bergaya klasik

Rumah modular berbentuk klasik, beratapkan huruf A ini juga mudah untuk dibuat. Setelah memasang modul dinding yang bisa terbuat dari beton dan/atau baja, modul jendela yang biasanya terbuat dari besi dapat disertakan sesuai dengan tata ruang yang ada, sebelum kemudian memasang modul atap.


Isi rumah dapat disesuaikan lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan penghuninya. Misalnya, membuat area loft, mempartisi ruangan dengan gipsum, atau membuatnya sebagai ruang terbuka (open space) seperti gaya industrial atau apartemen studio.


Rumah Kontainer

Rumah modular cantik dari kontainer

Rumah kontainer seperti pada gambar dapat dibangun dengan cepat, tetapi tetap estestis. Bahan kontainer yang berasal dari baja membuat rumah ini kokoh dan cocok sebagai tempat tinggal. Menggunakan dua kontainer berukuran berbeda, dinding luarnya kemudian dilapisi insulator yang bisa menggunakan wood plank. Sisi pintu dan jendela dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Penghuni bahkan dapat menikmati area balkon.


Rumah Modern

rumah modular bergaya modern

Rumah modular tidak hanya diperuntukkan bagi mereka yang bujetnya terbatas. Di lahan luas, rumah prefab dapat divariasikan agar bergaya modern. Rumah prefab pada gambar menggunakan modul dinding, atap, dan bingkai jendela modular yang kemudian dipercantik dengan aksen pintu kayu dan fasad bebatuan.


Seperti yang terlihat pada contoh-contoh di atas, rumah modular pun dapat dibuat menarik dan cantik. Walaupun berbiaya rendah dan modulnya standar, sentuhan kreativitas desain arsitektur maupun interior dapat membuat rumah modular tidak kalah cantiknya dengan rumah tradisional.


Bagi Anda yang ingin menambah area tempat tinggal di lahan rumah Anda atau menjalankan proyek pengadaan rumah tinggal bergaya modular, jangan ragu untuk menghubungi Tunas yang merupakan distributor berbagai bahan bangunan termasuk beton pracetak, besi, baja, maupun semen.



Tentang Tunas

Tunas Niaga Konstruksindo (Tunas) adalah penyedia bahan bangunan berkualitas untuk berbagai proyek dan pabrik dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Komitmen utama Tunas adalah menjaga kepercayaan pelanggan dengan memberikan layanan prima melalui pengiriman barang tepat waktu dan solusi terbaik untuk kebutuhan spesifik Anda. Saat ini Tunas melayani pengiriman di area Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

コメント


コメント機能がオフになっています。
bottom of page