top of page

Percantik Bangunan dengan Pahatan dari Semen


Berbagai karya pahat dari bahan semen

Ketika memikirkan desain bangunan, jarang yang mempertimbangkan patung atau pahatan sebagai dekorasi padahal senirupa ini dapat memberikan dampak luar biasa pada nuansa bangunan. Dengan penempatan, gaya, dan tema yang tepat, karya seni patung tidak hanya menambah nilai estetika bangunan tetapi juga memberi karakter pada ruangan, serta mengekspresikan keunikan gaya bangunan dan/atau arsiteknya.


Patung dari semen tidak selalu harus berukuran besar, tetapi juga bisa dibuat dalam ukuran kecil. Karena karakter beton semen yang tahan cuaca, pahatan dari bahan bangunan ini aman untuk ditempatkan baik di dalam, maupun luar ruangan. Tidak hanya memberikan karakter pada ruangan, dekorasi seperti ini juga bisa menjadi topik percakapan orang-orang yang melihatnya.


Berikut adalah beberapa inspirasinya dan cara membuat patung dari semen.


Inspirasi Dekorasi Patung Beton

Seni instalasi besar dari bahan semen di luar ruangan.

Salah satu taman di Universitas Porto, Portugal dipasangi karya dari beton ini untuk menjadi daya tarik gedung terkait dan sebagai area duduk unik para mahasiswa. Seni ini bisa menjadi inspirasi bagi ruang publik dan bangunan komersial untuk memajang pahatan beton unik guna menarik minat masyarakat dan membuat bangunan kuno atau monoton menjadi lebih menarik. (Foto: Contemporist)


Salah satu contoh seni semen yang dapat mengundang perhatian orang-orang adalah pahatan David Umemoto di bawah ini.

Senirupa semen yang menggugah rasa penasaran.

Kira-kira, apa arti dari karya seni di atas? (Foto: Gessato)


Bola-bola semen beraneka ukuran.

Ide lain yang sederhana adalah dengan menggunakan bentuk bola beraneka ukuran seperti pada gambar di atas. Filosofi bentuk lingkaran atau bola menggambarkan kesempurnaan –karena tidak ada titik mula dan titik akhir– sehingga dapat membuat ruangan terasa lebih hidup dan mengalir. Rancangan ini bisa diadaptasikan untuk dekorasi di rumah maupun kafe-kafe. (Foto: Solid Art)


Dan, jika Anda ingin menyertakan seni semen mini di dalam rumah, Anda bisa mempertimbangkan kedua inspirasi berikut.


"Lukisan" abstrak semen.

Karya ini mudah dibuat dan tetap menggugah rasa penasaran mereka yang masuk ke ruangan tersebut. Dapat dibuat dengan menggunakan semen sisa. (Foto: Ilana Aviv)


Patung hewan peliharaan dari semen.

Karya seni bertopik hewan masih populer hingga sekarang. Bagi mereka yang memiliki hewan peliharaan, maka patung kecil peliharaannya akan cocok ditempatkan di rumah. Apalagi patung semen ini juga bisa dicat sesuai corak hewan peliharannya. (Foto: Crafty Little Cactus)


Pembuatan Patung dari Semen


Membuat seni rupa dari semen.

Ada beberapa cara untuk membuat seni pahat dari semen yang kemudian akan mengeras menjadi beton. Pertama, menggunakan cetakan; kedua, dengan memahat semen yang sudah mengeras; dan ketiga, memakai wire mesh.


Langkah-langkah pembuatannya kurang lebih mirip, yaitu:

  1. Menggambar desain atau membuat maket patung.

  2. Membuat cetakan desain.

  3. Mencampur semen dengan air serta agregat lainnya, seperti pasir atau bebatuan, untuk mendapatkan campuran semen yang diinginkan.

  4. Menuang campuran semen ke dalam cetakan dan dibiarkan mengering selama setidaknya satu hari.

  5. Mengeluarkan hasil cetakan patung dari cetakan dan menyempurnakan permukaannya dengan asahan, gosokan, dan polesan.

  6. Menyempurnakan patung jika terdapat retakan atau ketidaksempurnaan lainnya.

  7. Mengecat patung, jika diinginkan.

Jika menggunakan wire mesh, maka mesh perlu dibentuk sesuai disain yang diinginkan sebelum kemudian menuangkan campuran semen ke dalamnya. Ukir beton dengan cepat dalam waktu kurang dari satu jam setelah adonan semen dituang untuk kemudahan proses pembentukan pahatan. Jangan lupa untuk melapisi tangan Anda dengan krim petroleum jelly supaya adonan beton tidak merusak kulit Anda.


Demikianlah inspirasi dan cara memperindah bangunan dengan menggunakan dekor dari semen. Bagi Anda yang ingin mencari semen yang tepat untuk membuat karya seni ini, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan Tunas.



Tentang Tunas

Tunas Niaga Konstruksindo (Tunas) adalah penyedia bahan bangunan berkualitas untuk berbagai proyek dan pabrik dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Komitmen utama Tunas adalah menjaga kepercayaan pelanggan dengan memberikan layanan prima melalui pengiriman barang tepat waktu dan solusi terbaik untuk kebutuhan spesifik Anda. Saat ini Tunas melayani pengiriman di area Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.


Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page