top of page

Perbedaan Besi Beton dan Besi Baja


Peleburan besi untuk dijadikan bahan bangunan siap pakai.

Besi beton dan besi baja merupakan bahan bangunan yang umum digunakan di dunia konstruksi. Keduanya sama-sama berfungsi untuk memperkuat struktur dan meningkatkan kekuatan bangunan. Tetapi, bukan berarti kedua material ini dapat menjadi alternatif satu sama lainnya karena spesifikasi pemanfaatannya berbeda.


Di bawah ini adalah rincian perbedaannya agar tidak keliru saat membeli dan menggunakannya.


Beda Komposisi


Besi beton atau baja tulangan adalah batang baja yang terbuat dari baja dengan kadar karbon yang rendah. Fungsi besi beton adalah sebagai penekan beton bertulang dan struktur batu bertulang agar beton lebih kuat dan kokoh saat menahan tekanan dari bangunan.


Di lain sisi, besi baja, atau sering disebut hanya baja, merupakan paduan dari besi dan logam-logam lainnya. Karbon terkadang disertakan dalam proses pembuatan baja agar baja memiliki kekuatan tinggi dan daya tahan terhadap korosi.


Beda Kekuatan


Besi beton umumnya digunakan untuk keperluan struktural dalam konstruksi bangunan. Kelas besi beton bervariasi tergantung daya tarik minimum yang dapat dicapai oleh bahan bangunan tersebut. Kekuatan besi beton sesuai SNI harus mencapai minimal 350 megapascal (MPa).


Di lain sisi, kekuatan besi baja bervariasi tergantung pada jenis dan kualitasnya. Baja memiliki rentang kekuatan anti leleh ataupun anti putus antara 300 dan 850 MPa. Untuk memilih tingkat minimal kekuatan baja yang sesuai dengan kebutuhan proyek konstruksi Anda, bacalah panduan SNI 03-1729-2002 tentang tata cara perencanaan struktur baja untuk bangunan gedung.


Beda Penggunaan


Besi beton biasanya digunakan untuk memberikan kekuatan tarik pada struktur, sedangkan baja dipakai saat membutuhkan kekuatan, kekerasan, dan daya tahan korosi yang lebih tinggi daripada yang bisa diberikan oleh besi beton. Karena itu, besi beton banyak digunakan dalam konstruksi beton bertulang sedangkan baja digunakan di berbagai industri, termasuk konstruksi dan produksi kendaraan, perangkat industri, alat berat, maupun pipa.


Penggunaan besi beton sangat penting dalam industri konstruksi karena memberikan kekuatan dan stabilitas yang dibutuhkan untuk struktur yang tahan lama dan aman. Beberapa bangunan infrastruktur yang kerap menggunakan besi beton adalah gedung bertingkat, jembatan, bendungan, terowongan, serta struktur bawah tanah seperti yang umum dibangun di perkotaan maupun industri migas.


Selain besi beton dan besi baja, masih banyak lagi jenis besi lainnya yang kerap digunakan di dunia konstruksi. Karena itulah, penting untuk mengetahui jenis besi yang tepat untuk kebutuhan proyek konstruksi terkait. Selain itu, untuk kualitas besi yang baik, pastikan besi sudah memiliki sertifikasi SNI serta tahan karat. Ini terutama penting jika besi akan digunakan untuk kebutuhan konstruksi yang penggunaannya untuk jangka panjang. bel baja menjadi satu sehingga memberikan daya tahan yang sangat kuat, tetapi juga tetap fleksibel seperti tali pada umumnyas.


Tips Membeli Material Besi

Berbagai jenis tipe besi untuk penggunaan di konstruksi.

Selain besi beton dan besi baja, masih banyak lagi jenis besi lainnya yang kerap digunakan di dunia konstruksi. Karena itulah, penting untuk mengetahui jenis besi yang tepat untuk kebutuhan proyek kontruksi terkait. Untuk kualitas besi yang baik, pastikan besi sudah memiliki sertifikasi SNI serta tahan karat. Ini terutama penting jika besi akan digunakan untuk kebutuhan konstruksi yang penggunaannya untuk jangka panjang dan terpapar cuaca.


Untuk kebutuhan berbagai jenis besi, baja, dan logam lainnya baik untuk proyek konstruksi maupun infrastruktur lainnya, dapatkan informasi dan harga besi terkininya dari Tunas.




Tentang Tunas

Tunas Niaga Konstruksindo (Tunas) adalah penyedia bahan bangunan berkualitas untuk berbagai proyek dan pabrik dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Komitmen utama Tunas adalah menjaga kepercayaan pelanggan dengan memberikan layanan prima melalui pengiriman barang tepat waktu dan solusi terbaik untuk kebutuhan spesifik Anda. Saat ini Tunas melayani pengiriman di area Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.


Referensi



Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page