top of page

Penggunaan Besi Beton di Dunia Konstruksi


Besi beton di dunia konstruksi

Besi beton adalah batang baja yang digunakan sebagai alat penegang pada beton bertulang untuk meningkatkan kekuatan tarik beton dan mencegah beton dari retak dan patah. Besi beton membantu beton dengan menyokong sebagai “tulang rusuk” sehingga beton tidak mudah bergerak dan struktur bangunan lebih kuat dibandingkan ketika hanya menggunakan beton.


Fungsi Besi Beton di Dunia Konstruksi

Besi beton berperan penting dalam pembangunan berbagai struktur, dari rumah hingga pencakar langit. Besi beton dapat ditemukan pada fondasi bangunan guna menstabilkan struktur, hingga pada atap gedung untuk memperkuat atap bangunan yang berlokasi di daerah rawan gempa dan angin topan. Tentu saja besi beton juga umum digunakan pada dinding, lantai, dan kolom bangunan.


Dalam aplikasinya, besi beton biasanya tidak berdiri sendiri. Seperti yang dijelaskan di awal, besi beton berlaku sebagai tulang rusuk dari beton. Perpaduan ini biasa disebut sebagai beton bertulang. Beton bertulang ini merupakan material paling umum untuk memperkuat bangunan, termasuk saat membangun gedung tinggi.


Rumah yang dibangun dengan menggunakan beton bertulang besi beton tentunya lebih kuat dan tahan goncangan dibandingkan dengan rumah yang dibangun hanya dengan menggunakan bata atau bebatuan dan semen. Ketahanan rumah besi beton menjadikan rumah ini lebih hemat biaya dalam jangka panjangnya.


Keunggulan Beton Bertulang

Besi beton untuk beton bertulang pada gedung tinggi

Tentu saja beton bertulang bukanlah satu-satunya pilihan untuk pembangunan gedung, tetapi opsi ini merupakan yang paling banyak dipilih dan digunakan oleh para kontraktor. Inilah beberapa alasannya:

  • Mudah didapatkan. Bahan baku beton bertulang –besi beton, semen, dan beton– mudah dicari di mana saja. Tunas sendiri menyediakan berbagai tipe besi beton, semen, serta beton.

  • Kuat. Beton bertulang menawarkan kekuatan dan daya tahan yang sangat baik, sehingga cocok untuk bangunan tinggi. Perpaduan antara daya tekan beton dan daya tarik besi beton nmemungkinkan struktur beton bertulang mampu menahan beban vertikal dan lateral yang dialami gedung-gedung tinggi.

  • Tahan api. Aman dari kebakaran merupakan pertimbangan penting di gedung-gedung tinggi yang seringkali dipakai sebagai perkantoran dan hunian tempat tinggal seperti apartemen. Beton bertulang memiliki sifat tahan api karena tidak terbakar atau melepaskan gas beracun pada suhu tinggi. Hal ini menjadikannya pilihan tepat untuk struktur yang memerlukan perlindungan dari api.

  • Fleksibel. Karena sifat lentur besi beton serta beton yang dapat dibentuk ke dalam bentuk apapun, beton bertulang pun banyak disukai oleh arsitek. Gabungan karakteristik keduanya memberikan fleksibilitas untuk menciptakan bangunan dengan desain yang unik dan inovatif.


Cara Memperpanjang Usia Besi Beton

Karena bahan besi beton adalah besi, maka tentunya material ini rentan terhadap karat dan korosi. Penanganan preventif terhadap masalah ini dapat semakin memperpanjang usia besi beton, dan struktur bangunan.

  • Gunakan besi beton tahan karat. Salah satunya adalah menggunakan besi beton dari bahan stainless steel.

  • Melapisi besi beton dengan bahan pelindung. Jika besi beton tidak terbuat dari stainless steel, maka cara lainnya adalah melapisi besi beton tersebut dengan bahan pelindung sebelum digunakan. Beberapa bahan yang bisa dipakai adalah cat epoxi maupun pelapis berbahan seng.

  • Pilih beton berkualitas. Gunakan beton berkualitas dengan permeabilitas (kemampuan air untuk merembes) yang rendah dan pelapis yang melindungi tulang besi dari bahan korosif. Minimalkan juga rasio air-semen, serta pastikan curing yang tepat agar hasil akhir beton padat dan kedap air.

Percayakan kebutuhan beton bertulang Anda dengan Tunas. Kami siap membantu Anda.



Tentang Tunas

Tunas Niaga Konstruksindo (Tunas) adalah penyedia bahan bangunan berkualitas untuk berbagai proyek dan pabrik dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Komitmen utama Tunas adalah menjaga kepercayaan pelanggan dengan memberikan layanan prima melalui pengiriman barang tepat waktu dan solusi terbaik untuk kebutuhan spesifik Anda. Saat ini Tunas melayani pengiriman di area Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.


Referensi

Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page