top of page

Motif Kayu pada Disain Rumah dengan Woodplank


Woodplank adalah papan yang dibuat dari bahan campuran semen yang kemudian finishing-nya dibuat agar tampak seperti kayu. Karena bahan dasarnya dari semen, woodplank merupakan bahan bangunan yang tahan lama dan cocok untuk berbagai keperluan pembangunan, termasuk area luar ruangan. Woodplank mulai banyak digemari karena meningkatnya popularitas tekstur kayu di ranah desain interior.


Jika ingin menyertakan tekstur kayu di rumah Anda, di bawah ini adalah beberapa inspirasinya, yang tentu saja dapat menggunakan woodplank.


Taman Belakang

Foto: Prospeku


Penggunaan woodplank untuk taman belakang sangat beragam dan dapat memberikan efek asri, alami, dan homey. Woodplank dapat digunakan pada teras taman belakang atau sebagai podium/dak untuk meletakkan furnitur luar ruangan. Karena terbuat dari campuran semen dan bukan dari kayu, maka woodplank cocok digunakan di luar ruangan karena tahan air dan cuaca.


Untuk area taman belakang yang minimalis, woodplank dapat memberikan efek menarik dengan penggunaan pada teras, pijakan, maupun sebagai bench panjang seperti yang dapat dilihat pada foto di bawah ini. Untuk rumah minimalis, akan lebih cocok menjadikan taman belakang sebagai taman kering seperti di bawah ini karena rumput asli yang jarang ditrim pendek akan memberi rasa berantakan di penampang yang sempit.


Foto: Rumah Talk


Pagar Cantik

Tekstur kayu pada pagar woodplank akan memberikan efek kehangatan pada bagian depan rumah, yang tentunya berbeda dengan pagar yang sepenuhnya terbuat dari besi. Untuk membuat pagar woodplank, besi tetap diperlukan pada bagian kerangkanya. Tetapi, kreativitas dapat membuat pagar woodplank terlihat menarik. Beberapa contohnya ada di bawah ini.

Foto: Muda Teknik Steel



Desain Interior

Penggunaan woodplank pada interior rumah dapat dilakukan pada banyak komponen, dari dinding, tangga, hingga perabot. Lihat saja penampakannya di bawah ini.

Panel woodplank berwarna coklat muda dapat digunakan dengan kreatif pada dinding kamar bernuansa Jepang. (Foto: Rumah Parket)


Panel woodplank juga dapat dengan praktis digunakan sebagai pelapis anak tangga. Selain memberikan nuansa kehangatan pada tangga, tangga dengan lapisan woodplank tahan lama dan tidak mudah rusak. (Foto: Pro Rumah)


Panel woodplank juga dapat digunakan sebagai dinding hiasan belakang TV di area ruang tamu seperti di salah satu rumah di Jakarta ini. (Foto: Arsitag)


Panel woodplank juga mudah untuk diaplikasikan sebagai kanopi atau plafon. Hanya saja, karena bobotnya berat, pastikan atap dari woodplank ini disokong oleh kerangka yang kokoh. (Foto: Pro Rumah)


Perabot atau Mebel

Karena bahannya yang tahan lama namun bernuansa kayu, woodplank juga mulai sering disertakan sebagai bahan pembuatan perabot maupun mebel. Beberapa ide dapat dilihat di bawah ini.


Woodplank dapat digunakan sebagai pelapis bagian atas kitchen set atau island untuk mempercantik area dapur. (Foto: Arsitag)


Meja makan dari woodplank berwarna gelap seperti ini memberikan efek rustic, apalagi jika ditemani juga dengan lantai kayu seperti pada gambar. Lantai kayu tersebut juga dapat menggunakan woodplank sebagai alternatifnya. (Foto: Bramble Furniture)


Demikianlah berbagai pemanfaatan woodplank yang dapat mempercantik area ruang dalam dan luar ruang sebuah rumah. Jika Anda ingin menggunakan desain kayu pada rumah Anda, pertimbangkanlah woodplank sebagai salah satu alternatifnya. Selain tahan lama dan dapat digunakan di luar ruangan, memasang panel woodplank juga mudah.


Untuk informasi tipe dan harga woodplan, jangan ragu untuk langsung menghubungi Tunas Niaga Konstruksindo.



Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page