top of page

Meningkatkan Daya Pikat Area Bendungan


Bendungan dengan panorama indah
Foto: Anak Teknik

Bendungan atau waduk adalah danau buatan yang dibuat dengan membendung sungai. Setelah air dibendung dan dialihkan sementara, permukaan tanah yang akan menjadi waduk kemudian digali, dibersihkan, dan dilapisi dengan splash grouting yang merupakan campuran dari semen, pasir, dan air. Setelahnya, beton digunakan untuk membangun fondasi, tubuh bendung, hingga kolom sebelum air kembali dialirkan ke tempat asalnya.


Indonesia memiliki sekitar 235 bendungan atau waduk, seperti Waduk Jatiluhur, Bendungan Wonorejo, Waduk Gajah Mungkur, dan Bendungan Serut. Fungsi bendungan diantaranya adalah untuk mendukung pertanian, menyediakan air bersih, dan menjadi pembangkit listrik tenaga air (PLTA).


Selain fungsi teknis tersebut, bendungan juga berpotensi menjadi daerah wisata ecotourism karena panoramanya yang indah dan asri. Agar menjadi tempat wisata, area sekitar waduk perlu dibuat ramah pengunjung. Berikut beberapa idenya.


Taman Cantik


Area sekitar bendungan pastinya merupakan daerah subur. Taman yang cantik akan menjadi daya tarik tersendiri, terutama jika dipenuhi dengan bunga berwarna-warni.


Lengkapi area taman dengan jalan setapak agar pengunjung mengetahui area yang boleh dan tidak boleh diinjak. Bahan bangunan seperti beton, paving blocks, wood plank, maupun semen dapat divariasikan untuk membuat jalan setapak yang menarik.


Agar semakin memikat, lengkapi jalan setapak dengan area-area peristirahatan, misalnya bangku taman, tempat berteduh untuk makan, atau gazebo cantik.

Gazebo cantik di area taman sekitar bendungan
Gazebo cantik ini memakai rangka baja ringan dan ornamen dari besi. Bangku seperti pada gambar dapat dibuat dari besi yang dicat hitam serta wood plank untuk area dudukannya. Untuk fondasi atau tempat peletakan gazebo, terdapat beberapa opsi: beton, blok setapak (paving block), ataupun wood plank.
Bangku beton kontemporer untuk menikmati taman dan panorama bendungan
Bangku unik dari beton ini dapat mempercantik taman dan menjadi tempat rehat sementara saat menikmati keindahan taman bunga di sekitar waduk. Bangku dari bahan beton dapat bermain desain dengan leluasa dan aman untuk diletakkan di luar ruangan. (Foto: Wausau Tile)

Jalan setapak juga bisa dibangun sepanjang pinggir danau untuk digunakan sebagai jalur berjalan kaki atau jogging sembari menikmati keindahan danau. Untuk keamanan bersama, pastikan area sekitar danau dibatasi dengan kanstin sebagai pembatas kaki, dan pagar besi sebagai pembatas areal yang melindungi badan agar tidak mudah jatuh ke danau.

Jogging di pinggir waduk/bendungan
Foto: Central Park Conservancy

Area Bersantai


Agar pengunjung dapat bersantai menikmati keindahan panorama danau bendungan, lengkapi area sekitar waduk dengan bangku dan area bersantai yang luas. Agar tahan cuaca ekstrim, bahan bangunan seperti semen beton yang tahan air dan cuaca panas dapat digunakan. Material ini juga dapat dengan mudah dibentuk sesuai rancang desain yang diinginkan.

Tempat duduk bersantai di pinggir waduk bendungan.
Area di sekitar waduk di Singapura ini dijadikan area santai yang luas. Daerah sekitar bendungan di Indonesia juga dapat dipercantik seperti ini dengan menggunakan beton dan woodplank. (Foto: Time Out)
Area piknik di pinggir waduk bendungan
Area lapang di pinggir waduk dapat dijadikan tempat berpiknik. Agar permukaannya enak untuk menggelar tikar piknik, lapisi tanah dengan paving blocks. (Foto: Record Bagatini)

Bendungan yang naik fungsi dan menjadi tujuan wisata akan menguntungkan masyarakat setempat. Selain mendapatkan area hijau publik yang indah, mereka juga akan menikmati peningkatan ekonomi.


Hubungi Tunas untuk kebutuhan bahan bangunan luar ruang yang akan mempercantik area bendungan di daerah Anda. Tunas adalah penyedia bahan bangunan berkualitas untuk berbagai proyek dan pabrik dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dan melayani pengiriman ke seluruh wilayah barat pulau Jawa.



Tentang Tunas

Tunas Niaga Konstruksindo (Tunas) adalah penyedia semen dan bahan bangunan berkualitas untuk berbagai proyek dan pabrik dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Komitmen utama Tunas adalah menjaga kepercayaan pelanggan dengan memberikan layanan prima melalui pengiriman barang tepat waktu dan solusi terbaik untuk kebutuhan spesifik Anda. Saat ini Tunas melayani pengiriman di area Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.


Referensi

Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page