top of page

Mengenal Semen Portland


Semen Portland

Semen Portland merupakan salah satu jenis semen hidrolik (semen yang menggunakan air untuk memulai reaksi kimia untuk mengeraskan campuran) yang banyak digunakan dalam industri konstruksi. Semen jenis ini adalah yang paling umum digunakan dalam produksi beton dan material komposit yang terdiri dari agregat (kerikil dan pasir), semen, dan air. Semen Portland dibuat dengan mencampurkan batu kapur, pasir, bauksit, gipsum, dan bahan baku lainnya.


Berikut beberapa fakta penting tentang semen Portland yang perlu diketahui:


Jenis Semen Portland

Ada beberapa jenis semen Portland yang masing-masing memiliki sifat dan kegunaan berbeda, yang dikategorikan sebagai semen Portland Tipe I hingga Tipe V. Tetapi jenis yang paling umum digunakan dalam proyek konstruksi umum adalah Tipe I karena karakteristiknya yang serbaguna. Tipe II hingga Tipe V merupakan semen Portland yang dibuat secara khusus untuk kebutuhan spesifik, misalnya untuk kondisi tinggi sulfat, hidrasi rendah dan panas, ataupun pembuatan beton pracetak.


Pembuatan Semen Portland

Semen Portland adalah bubuk pengikat halus yang merupakan komponen dari beton dan mortar, plesteran, serta nat ubin. Berikut adalah proses langkah demi langkah pembuatan semen Portland:


Pertama, bahan mentah seperti batu kapur, tanah liat, dan pasir diekstraksi dari alam dan tambang. Setelah itu, bahan-bahan ini dihaluskan dan digiling agar menjadi serbuk halus. Serbuk tersebut kemudian dipanaskan dalam suhu sekitar 1450 derajat Celcius (proses kalsinasi) untuk menyatukan bahan-bahan baku tersebut secara kimia. Hasil akhirnya disebut dengan klinker.


Klinker kemudian didinginkan dan digiling kembali menjadi bubuk halus, lalu gipsum ditambahkan ke dalam bubuk untuk memperlambat waktu pengerasan semen. Hasil akhirnya adalah bubuk halus berwarna abu-abu yang disebut sebagai semen Portland.


Singkatnya, semen Portland dibuat dengan memanaskan batu kapur, tanah liat, dan pasir di dalam tungku pembakaran untuk membentuk klinker, yang kemudian digiling menjadi bubuk halus dan dicampur dengan gipsum untuk menghasilkan produk akhir.


Semen Portland bukanlah Mortar

Semen Portland terkadang sering disamakan dengan mortar. Meskipun semen Portland adalah bahan utama dalam mortar, kedua bahan tersebut tidaklah sama dan dengan demikian tidak dapat saling dipertukarkan. Karena semen Portland merupakan semen hidrolik, maka dia akan mengeras saat dicampur dengan air. Mortar sendiri tidak akan bereaksi seperti ini ketika terkena air. Karakter mortar lebih kental dan tidak sekuat beton setelah dicampur air, dan karena itulah penggunaannya lebih untuk meratakan permukaan dinding bata dan mengisi ruang kosong kecil termasuk menambal bolongan pada konstruksi bangunan.


Membeli Semen Portland

Beragam merek semen Portland

Jika ingin membeli semen Portland dalam jumlah besar, sebaiknya mencari supplier terpercaya yang memiliki pengetahuan produk yang baik dan menyediakan semen berkualitas tinggi dengan harga bersaing. Hal ini terutama penting di Indonesia karena terdapat banyak merek semen Portland yang tersedia di pasaran. Selain itu, pastikan penyedia bahan bangunan tersebut dapat memberikan dukungan dan saran yang baik mengenai merek dan tipe semen Portland yang sesuai dengan proyek.


Salah satu pemasok semen Portland yang dapat Anda percaya adalah Tunas Niaga Konstruksindo yang sudah melayani ratusan proyek konstruksi. Tunas tidak saja menyediakan semen berkualitas tinggi dengan harga bersaing, tetapi juga memberikan layanan terbaik untuk Anda yang menginginkan pengiriman bahan bangunan Anda terjamin tepat waktu. Hubungi Tunas sekarang di:




Tentang Tunas

Tunas Niaga Konstruksindo (Tunas) adalah penyedia bahan bangunan berkualitas untuk berbagai proyek dan pabrik dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Komitmen utama Tunas adalah menjaga kepercayaan pelanggan dengan memberikan layanan prima melalui pengiriman barang tepat waktu dan solusi terbaik untuk kebutuhan spesifik Anda. Saat ini Tunas melayani pengiriman di area Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.



Referensi

Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page