top of page

Mempercantik Rumah dengan Seni Semen


Karya seni semen

Semen seringnya berkaitan dengan hal serius dan membosankan, padahal sebenarnya semen juga bisa memberikan keindahan. Adonan semen memiliki karakteristik yang mirip dengan tanah liat sehingga bisa dibentuk-bentuk, sehingga semen sebenarnya juga bisa dikreasikan untuk mempercantik rumah Anda.


Bagaimana caranya?


Dinding Bermotif

Stempel tekstur pada semen pelapis

Ketika melapisi struktur dinding dengan plester semen atau campuran beton yang belum mengeras, dinding lunak ini bisa diberikan tekstur. Salah satu caranya adalah dengan stempel.


Stempel yang dipilih bisa beraneka ragam, dari tekstur serupa bebatuan seperti pada gambar di atas, hingga menggunakan obyek dengan permukaan kasar yang dapat distempelkan ke dinding lunak tersebut. Kuncinya adalah tekstur harus distempelkan atau dibuat pada dinding sebelum material mengering.


Selain itu, Anda juga bisa memanggil seniman untuk melukis relief semen langsung pada dinding beton Anda.

Seni relief 3D pada dinding beton

Pot Hias


Jika Anda memiliki sisa semen setelah rumah selesai dibangun, gunakan sisa semen tersebut untuk membuat pot-pot hias nan cantik seperti di bawah ini.

Ragam pot hias dari semen

Anda bisa menggunakan dua pot dengan diameter yang berbeda untuk dijadikan tempat cetakan, atau membuat cetakannya sendiri dari kardus bekas yang bisa dibentuk sesuai keinginan Anda. Material yang dibutuhkan selain semen hanyalah air untuk membuat adonan semennya, dan oli atau minyak agar pot yang sudah jadi dapat dikeluarkan dari tempat cetakannya dengan mudah.


Membuat pot ini tidaklah sulit. Anak-anak sekalipun bisa mencoba membuatnya. Karena itulah, aktivitas membuat pot dari sisa semen ini dapat dijadikan sebagai kegiatan akhir pekan bersama anak-anak dan seluruh keluarga Anda. Contoh pembuatannya ada di video ini:



Seni Instalasi

Lukisan relief 3D dari semen

Karya seni 3D di atas ini dibuat sepenuhnya dengan adonan semen. Kanvasnya dibuat dari semen, dan relief obyeknya juga dibuat dari semen. Tanpa diwarnai sekalipun, sebenarnya karya seni ini sudah indah untuk dipajang. Tetapi, Anda juga bisa mewarnainya dengan cat jika diinginkan.


Ingin mencoba membuat lukisan relief seperti di atas? Tonton videonya di sini:


Jika Anda merasa kurang memiliki jiwa artistik, Anda bisa tetap membuat lukisan relief dari semen dengan gampang. Ketika “kanvas” semen sudah terbentuk tetapi masih basah, Anda bisa menekan motif-motif geometris dari berbagai obyek –penggaris panjang, mulut gelas, permukaan piring, dan sebagainya– ke atas kanvas. Hasilnya akan mirip dengan lukisan abstrak geometris 3D ini:

Lukisan relief 3D geometris dari semen

Adonan semen juga bisa digunakan untuk membuat dekorasi dinding dengan mudah. Misalnya, dengan membuat cetakan daun pada adonan semen yang kemudian bisa dipajang di dinding langsung, atau diwarnai terlebih dahulu. Cara pembuatannya ada di video ini: https://www.youtube.com/watch?v=aZCpuiUftp0

Dekorasi dinding 3D dari semen

Patung Semen


Patung yang terbuat dari semen mulai banyak digemari seiring semakin populernya gaya disain industrialis. Untuk rumah, terutama rumah minimalis, patung semen yang cocok tentunya yang berukuran sepadan. Di bawah ini adalah beberapa inspirasinya.

Patung bola zen dari semen

Bola-bola semen ini bisa dijadikan dekorasi taman maupun pot bunga.


Patung air mancur dari semen

Air mancur dari semen ini cocok ditaruh di taman untuk mengundang burung-burung datang untuk minum.


Patung lampu hias kreatif dari semen

Anda bisa meminta pematung untuk membuat kreasi lampu outdoor seperti di atas. Bahkan mungkin seniman yang Anda hubungi bisa membuat desain lain yang lebih cantik lagi!


Semen ternyata juga memiliki unsur keindahannya tersendiri. Kita hanya perlu berpikir kreatif. Jika Anda punya semen sisa atau ingin menyertakan seni semen di atas, jangan ragu untuk menghubungi Tunas untuk mendapatkan harga semen terbaik untuk proyek karya seni Anda.


Selamat berkreasi!




Tentang Tunas

Tunas Niaga Konstruksindo (Tunas) adalah penyedia bahan bangunan berkualitas untuk berbagai proyek dan pabrik dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Komitmen utama Tunas adalah menjaga kepercayaan pelanggan dengan memberikan layanan prima melalui pengiriman barang tepat waktu dan solusi terbaik untuk kebutuhan spesifik Anda. Saat ini Tunas melayani pengiriman di area Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

コメント


コメント機能がオフになっています。
bottom of page