top of page

Memilih Bahan Bangunan dengan Tepat


Memilih bahan bangunan dengan tepat agar hasil bangunan bertahan lama.

Kualitas bangunan sangat bergantung pada bahan bangunan yang digunakan yang akan menentukan keseluruhan penampilan, kekuatan, dan usia bangunan. Hal ini berlaku untuk semua bangunan, baik gedung perkantoran, rumah hunian, maupun apartemen. Bangunan yang memakai material berkualitas rendah memiliki risiko kegagalan struktur dini yang lebih tinggi serta biaya pemeliharaan dan perbaikan yang lebih mahal. Karena itulah, kecermatan dalam memilih bahan bangunan sangat mempengaruhi kualitas proyek konstruksi Anda.


Saat ini, sudah banyak bahan bangunan berkualitas tinggi yang tersedia karena kemajuan dan inovasi teknologi di industri konstruksi. Agar bangunan Anda tahan banting dan awet, berikut adalah beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan saat memilih bahan bangunan.


Biaya

Meskipun ada berbagai macam bahan bangunan yang dapat dipilih, harga dapat bervariasi tergantung kualitasnya. Produk paling murah biasanya kualitasnya berisiko lebih rendah pula. Material yang murah dan di bawah standar memang terasa ringan biayanya di depan, tetapi biaya jangka panjangnya bisa membebani Anda, misalnya untuk penggantian dan perbaikan. Jika memungkinkan, belilah bahan bangunan premium yang mungkin terasa lebih berat di depan, tetapi akan menghemat pengeluaran Anda ke depannya.


Daya Tahan

Pertimbangkan juga daya tahan material karena material berbeda memiliki reaksi berbeda terhadap kondisi iklim. Ada material yang lebih tahan lembab dan karat, sementara material lainnya lebih cepat mengalami degenerasi, terutama di area lembab. Tidak memperhitungkan kondisi iklim dapat menyebabkan material cepat rusak karena cuaca. Bahan bangunan yang tahan cuaca akan lebih minim perawatan dan penggantian sepanjang umur bangunan. Beberapa faktor iklim yang perlu dipertimbangkan meliputi suhu rata-rata sepanjang tahun, curah hujan, ventilasi, kecepatan angin, dan jumlah sinar matahari.


Ketersediaan Bahan Bangunan

Selain memeriksa kualitas bahan konstruksi, pastikan juga bahan bangunannya mudah didapat. Material yang tersedia secara lokal sangat penting karena dapat menghemat logistik. Selain menghemat biaya pengiriman, memilih bahan bangunan yang tersedia mudah akan membantu menghindari penjadwalan ulang proyek dan memastikan proyek Anda selesai sesuai jadwal. Kerja perbaikan juga akan lebih mudah dan cepat selesai.


Pemeliharaan

Pemeliharaan membuat kondisi bangunan Anda selalu terlihat baik, tetapi pada kenyataannya, pemeliharaan kerap memakan waktu dan biaya, terutama jika sering dilakukan. Karena itulah, penting untuk memilih bahan bangunan berkualitas tinggi dan tahan lama agar dapat meminimalisir kebutuhan perawatan dan penggantian material pada konstruksi yang pada akhirnya akan menghemat biaya dan waktu.


Estetika

Sebelum membeli bahan konstruksi, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan, tujuan bangunan, dan tema desain terutama jika proyek Anda ingin dipasarkan karena bangunan dengan desain menarik dan estetis tentunya akan lebih mudah untuk dipasarkan. Dari tema desain yang diinginkan, maka bahan bangunan yang dibeli kemudian dapat menyesuaikan.


Untuk tema alami atau biofilik, bahan bangunan bermotif kayu seperti wood plank dapat digunakan bersandingan dengan wiremesh besi yang kerap dijadikan dinding panel tanaman. Tema industrial banyak menggunakan bahan bangunan dari beton, besi, dan logam lainnya. Desain modern banyak bermain dengan kesederhanaan dan motif geometris yang bersanding dengan logam, baja, dan kaca. Sedangkan, gaya minimalis yang sedang sangat populer karena terasa bersih dan tidak “berisik” banyak bergantung pada beton maupun gipsum untuk memberikan kesan lowong dan tenang.


 

Apapun proyek konstruksi Anda, pastikan toko bahan bangunan yang digunakan dapat dipercaya. Hubungi kami untuk mendiskusikan kebutuhan spesifik Anda serta mengetahui harga bahan bangunan terkini.




Tentang Tunas

Tunas Niaga Konstruksindo (Tunas) adalah penyedia bahan bangunan berkualitas untuk berbagai proyek dan pabrik dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Komitmen utama Tunas adalah menjaga kepercayaan pelanggan dengan memberikan layanan prima melalui pengiriman barang tepat waktu dan solusi terbaik untuk kebutuhan spesifik Anda. Saat ini Tunas melayani pengiriman di area Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page