top of page

Inspirasi Area Laundry Cantik di Rumah

Desain area cuci baju (laundry room) biasanya kurang dipikirkan saat membangun rumah bahkan seringkali terlupakan, padahal laundry room bisa berfungsi tidak hanya untuk mencuci baju tetapi juga menjadi ruang menyeterika serta menyimpan alat-alat pembersih rumah.


Inilah beberapa ide membuat area laundry yang cantik di rumah Anda.


Rak Dinding Dekorasi


Salah satu cara mengoptimalkan dan mempercantik ruang laundry adalah dengan memasang rak-rak dinding sederhana seperti pada gambar di bawah ini.


Dengan menggunakan potongan woodplank pada dinding seperti ini, Anda akan mendapatkan ruang tambahan untuk menaruh deterjen dan comforter agar mudah diakses tanpa perlu membuka pintu kabinet. Agar laundry room tidak terasa sumpek dan suntuk, rak dinding ini juga bisa dihiasi dengan dekorasi-dekorasi lucu.


Lantai dan Dinding Tahan Air


Karena ruang laundry cenderung basah, pastikan material yang digunakan untuk lantai dan dindingnya sudah tahan air. Yang umum digunakan adalah lantai ubin atau keramik. Tetapi, untuk menghemat biaya, Anda juga bisa menggunakan lantai beton yang tahan air dan mudah untuk dibersihkan.


Ruang laundry dengan beton dan woodplank yang tahan air

Agar tidak terasa monoton, beton dapat dipadukan dengan woodplank dari Tunas yang terbuat dari beton sehingga tetap tahan air, mudah dibersihkan, dan tidak akan lapuk seperti woodplank yang terbuat dari bahan kayu asli.


Cantik dengan Terrazzo


Terrazzo adalah permukaan dekoratif yang terbuat dari campuran serbuk batu alam (marmer, granit, atau kuarsa) yang dicampur dengan semen dan/atau resin epoxy sebagai bahan pengikatnya. Terrazzo sering digunakan sebagai lantai, dinding, atau permukaan dekoratif lainnya karena motifnya yang cantik dan menyemarakkan suasana.


Agar ruang cuci baju Anda tidak terasa membosankan, Anda bisa menyertakan terrazzo di dalam ruangan tersebut. Tipsnya adalah menyelipkan terrazzo, dan tidak mengaplikasikannya secara berlebihan.


Area Laundry Luar Ruangan


Membuat laundry room di area semi luar ruangan memiliki kelebihannya sendiri, yaitu, paparan sinar matahari. Setelah baju selesai dari mesin cuci, maka di area laundry seperti ini tumpukan pakaian bekas cuciannya bisa langsung dijemur tanpa harus membawa jauh-jauh ke atap atau ke teras depan untuk mendapatkan matahari.


Untuk membangun area semi luar ruangan ini, ingatlah bahwa area ini berarti akan terpapar cuaca. Karena itulah bahan bangunan terbaik yang akan tahan lama dan perawatannya mudah adalah beton, woodplank, dan/atau baja tahan karat.


Area Laundry untuk Rumah Minimalis


Untuk rumah minimalis, siasati dengan membuat kabinet yang bisa merumahkan mesin cuci serta menjadi area menyetrika sekaligus.

Membuat desain seperti laundry room di atas tergolong sederhana. Gunakan woodplank sebagai rak-rak dinding, dan pastikan woodplank yang paling bawah (di atas mesin cuci) tingginya kurang lebih 80-90cm dari lantai agar bisa digunakan sebagai meja setrika. Pemakaian woodplank sangat cocok untuk fungsi ini karena woodplank yang terbuat dari beton mampu menahan panas.


Itulah beberapa ide untuk membuat ruang cuci baju yang tidak membosankan. Dapatkan semen, beton (termasuk beton pracetak), besi, maupun woodplank tahan cuaca dengan harga terbaik dan kualitas SNI di Tunas.



Tentang Tunas

Tunas Niaga Konstruksindo (Tunas) adalah penyedia bahan bangunan berkualitas untuk berbagai proyek dan pabrik dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Komitmen utama Tunas adalah menjaga kepercayaan pelanggan dengan memberikan layanan prima melalui pengiriman barang tepat waktu dan solusi terbaik untuk kebutuhan spesifik Anda. Saat ini Tunas melayani pengiriman di area Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Opmerkingen


Opmerkingen zijn uitgezet.
bottom of page