top of page

Gipsum: Hadir di Dunia Konstruksi hingga Makanan


Bubuk gipsum

Gipsum atau gips adalah mineral lunak yang tersedia secara alami dan memiliki kandungan kalsium sulfat. Gipsum kerap ditemukan di dunia konstruksi untuk membuat partisi atau langit-langit serta dijadikan sebagai bahan campuran mortar maupun semen Portland. Tetapi, ternyata gipsum juga dapat ditemukan di industri lain.


Dunia pertanian sudah lama menganggap gipsum sebagai pupuk ajaib karena kandungan kalsium dan sulfurnya dapat menyuburkan tanah tanpa mempengaruhi keasaman (pH) tanah. Bahkan, dunia makanan juga memakai gipsum. Saat membuat tahu, gipsum digunakan sebagai zat pengental (koagulan) sekaligus menjadi sumber kalsium. Beberapa makanan lainnya seperti es krim dan tepung terigu juga terkadang menggunakan bahan gipsum sebagai zat tambahan.


Alasan Papan Gipsum Banyak Digunakan


Ada banyak alasan mengapa gipsum yang dibuat menjadi papan populer di dunia konstruksi. Selain karena fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan rancang desain ruangan, papan gipsum juga memiliki sederet kelebihan lainnya, yaitu:

  • Mudah dipasang. Papan gipsum dapat dengan mudah dipasang sehingga waktu yang dibutuhkan untuk membangun dengan papan gipsum juga tergolong cepat dibandingkan dengan menggunakan bahan bangunan lainnya. Misalnya, untuk membuat partisi, Anda cukup membuat kerangka dari besi holo (hollow) atau baja ringan lalu memasang papan gipsum pada kedua sisinya.

  • Serbaguna. Papan gipsum dapat dipotong dengan mudah dengan menggunakan gergaji untuk menyesuaikan dengan ukuran yang diinginkan. Karena itulah, papan gipsum dapat digunakan sebagai partisi, langit-langit, hingga kabinet atau lemari penyimpanan.

  • Biaya bersahabat. Secara keseluruhan, membangun dengan harga papan gipsum yang bersahabat jatuhnya akan lebih murah dibandingkan dengan menggunakan bahan bangunan lainnya yang seringkali membutuhkan adukan atau waktu pengeringan.

Cara Memilih Papan Gipsum


Pastikan Anda membeli papan gipsum berkualitas baik karena produk yang buruk lebih mudah rusak dan melepaskan debu gipsum yang dapat memicu reaksi alergi. Salah satu syarat kualitas prima papan gipsum adalah tidak mengandung asbestos atau timbal yang merupakan zat berbahaya. Papan gipsum yang murni terbuat sepenuhnya dari bebatuan gipsum tentunya adalah pilihan yang terbaik.


Selain itu, teknologi modern juga memungkinkan ketersediaan beragam jenis papan gipsum untuk kebutuhan-kebutuhan khusus. Misalnya, ada papan gipsum yang tahan susut, tahan jamur, tahan api, tahan lembab, ataupun mampu meredam suara dengan optimal. Tinggal Anda sesuaikan dengan kebutuhan pemakaian di lokasi.

Gipsum untuk partisi, dinding, dan langit-langit.

Perawatan Papan Gipsum


Agar papan gipsum yang digunakan bisa dalam kondisi prima dan tidak mudah berdebu ataupun jamuran, pastikan area sekitar papan gipsum:

  • Memiliki ventilasi yang baik. Pergerakan udara akan membantu mencegah uap air penyembab kelembaban terperangkap di dalam ruangan tersebut.

  • Dibersihkan dengan penyedot debu secara rutin. Debu yang menempel pada gipsum dapat menjadi penyebab alergi. Agar hal ini tidak terjadi, bersihkan dinding atau area plafon gipsum dengan menggunakan penyedot debu (vacuum cleaner). Hindari lap atau sapu yang malah bisa menerbangkan debu ke area lainnya.

  • Tidak berada di sisi luar gedung atau berdekatan dengan area basah. Papan gipsum yang lembab akan lebih mudah jamuran. Karena itulah, papan gipsum tidak cocok dipasang di daerah luar ruangan yang bisa terkena hujan, maupun daerah basah seperti dekat kolam ataupun di dalam kamar mandi.

Jika Anda ingin gipsum berkualitas untuk ragam kebutuhan konstruksi Anda, jangan ragu untuk menanyakan harga dan informasinya ke Tunas. Kami siap untuk melayani Anda.




Referensi

Shurtleff, William (2000). Tofu & soymilk production: a craft and technical manual. Lafayette, CA: Soyfoods Center.

Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page