top of page

Inspirasi Desain Dapur dan Ruang Makan Cantik


Dapur bukan lagi sekadar tempat untuk memasak, tetapi juga menjadi pusat kegiatan keluarga dan titik fokus dalam desain interior rumah. Dengan sedikit sentuhan kreativitas dan keahlian desain yang tepat, dapur Anda dapat menjadi sebuah masterpiece yang memukau dan menjadikan aktivitas memasak yang luar biasa.


Dalam artikel ini, kami akan membagikan jenis-jenis material berbeda yang dapat digunakan untuk membangun area dapur Anda, terutama jika Anda ingin inspirasi desain dapur dan ruang makan jadi satu.


Woodplank

Inilah material yang cocok untuk desain interior dapur minimalis. Bahan woodplank ini sangat menarik karena bertekstur mirip kayu. Karena kokoh dan tahan air, woodplank dapat digunakan sebagai countertop area memasak hingga meja makan. Untuk ide dapur minimalis lainnya, woodplank dapat digunakan sebagai aksen pada pada dinding. Jika ingin perabot Anda tidak mudah rusak, woodplank juga dapat digunakan untuk membuat meja makan ataupun kabinet penyimpanan dapur.

Inspirasi dapur dengan memakai bahan woodplank.
Woodplank dapat digunakan sebagai pelapis bagian atas meja dan kitchen set karena tahan air dan tidak mudah rusak. (Foto: Ruparupa)

Beton

Tekstur beton dapat memberikan efek yang menarik di dunia interior karena warna abu-abunya mirip dengan bebatuan sehingga dapat memberikan nuansa alami dan/atau gaya industrial. Material beton dapat digunakan di dalam desain kitchen set, misalnya pada bagian countertop ataupun untuk membuat island seperti pada gambar di bawah. Jika dipadukan dengan warna hitam dan kayu, atmosfir di area dapur dan ruang makan pun terasa seperti kafe modern.

Ide desain industrial dengan material beton dan tekstur kayu.
Beton digunakan maksimal pada area dapur dan ruang makan ini. Lantai, island, dan set dapurnya semua dibangun dengan menggunakan beton: kokoh, tahan api, tahan air, dan tetap menarik untuk dipandang. Padanan dengan warna kayu membuat area dapur ini terasa lebih hangat dan nyaman. (Foto: Arsitag)

Disain dapur bernuansa zen Jepang dengan paduan beton dan kayu.
Beton digunakan sebagai pada bagian countertop. Berpadu dengan kayu asli yang juga bisa digantikan dengan woodplank, area dapur ini memberikan nuansa zen seperti di Jepang. (Foto: Raw Concrete Design)

Gipsum

Gipsum adalah bahan bangunan yang fleksibel dan dapat meredam suara serta mengurangi gema sehingga memberikan nilai tambah pada desain interior. Mudah dibentuk, gipsum sering menjadi pilihan para arsitek dan kontraktor untuk menciptakan dekorasi interior yang artistik. Di area dapur, misalnya, gipsum dapat digunakan untuk membuat langit-langit turun (drop ceiling) yang kemudian diperindah dengan permainan cahaya. Pastinya akan membuat suasana di dapur minimalis sekalipun menjadi cantik dan menyenangkan.

Drop ceiling dan pencahayaan di dapur dan ruang makan.
Drop ceiling yang menggunakan gipsum dapat dilihat pada bagian lampu atas island. Plafon seperti ini dapat memberikan tekstur tambahan sehingga ruangan tidak tampak polos. Permainan lampu juga dapat dilakukan dengan menggunakan ambience lighting maupun lampu gantung. (Foto: Enterprise Wholesale Flooring and Lighting)

Besi dan Stainless Steel

Kreasi besi pada desain interior dapur.
Bahan besi yang dicat hitam seperti pada gambar memberikan nuansa elegan dan modern. Walaupun tidak luas, tetapi desain ini terasa lega dan enak untuk dilihat. Material besi tampak pada desain jaring-jaring meja bar dan rangka kabinet atas dapur yang terbuka. (Foto: Orami)

Demikianlah berbagai material berbeda yang dapat dikreasikan agar area dapur dan ruang makan menjadi menarik. Jika Anda ingin membuat dapur dan ruang makan Anda menjadi lebih menarik, jangan ragu untuk menghubungi Tunas yang sudah memiliki banyak pengalaman bekerja sama dengan kontraktor, arsitek, dan desain interior dalam memasok material yang dibutuhkan. Jadikan Tunas sebagai mitra untuk membangun dapur impian Anda.



Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page