top of page

Cara Menghasilkan Beton Berkualitas


Pencampuran beton manual harus dilakukan dengan benar.

Beton merupakan salah satu bahan bangunan utama dalam dunia konstruksi. Namun, tidak semua beton diproduksi dengan kualitas yang baik. Beton dikatakan berkualitas baik jika kuat, padat, serta ekonomis untuk pekerjaan terkait. Agar beton yang dibuat memiliki kualitas optimal, pastikan untuk mengikuti langkah-langkah berikut ini.


Gunakan Bahan Dasar Berkualitas


Beton terbuat dari campuran semen dan agregat kasar maupun halus. Semen berkualitas buruk atau agregat yang mengandung kontaminan dapat menyebabkan penurunan kekuatan dan kualitas beton. Di Indonesia yang rawan gempa bumi, beton yang digunakan pada infrastruktur berpopulasi tinggi seperti gedung perkantoran ataupun jembatan lalu-lintas perlu dipastikan kualitasnya.


Daftar semen-semen berkualitas yang sudah terbukti penggunaannya di pembangunan infrastruktur besar dapat dibaca di “Merek Semen Terbaik di Indonesia”. Setelah membeli semen, pastikan semen disimpan dengan baik sehingga kualitasnya tetap terjaga dan tahan lama. Cara penyimpanan semen yang baik dapat dilihat di “Tips Menyimpan Semen agar Tahan Lama”.


Seimbangkan Proporsi Bahan Dasar


Ketidakseimbangan proporsi bahan dalam campuran beton dapat mempengaruhi kualitas beton secara keseluruhan. Jika jumlah semen, agregat kasar, atau agregat halus tidak tepat, kekuatan atau kepadatan beton bisa meleset dari harapan. Agar seimbang, pastikan rasio agregar kasar dan halus sesuai. Rasio ini dapat bervariasi tergantung pada persyaratan desain dan anjuran standar produk.


Rasio air-tersemen juga harus tepat agar beton tidak terlalu cair dan kehilangan kekuatannya atau malah kekurangan air sehingga beton menjadi sulit untuk dicampur. Rasio air-tersemen yang baik dapat berbeda tergantung pada kebutuhan desain, jenis semen, dan kondisi lingkungan. Pastikan untuk memeriksa acuan rasio air-tersemen yang telah ditentukan oleh produk. Mengetahui acuan standar juga akan membantu untuk menghitung dengan tepat jumlah semen yang diperlukan sehingga semen dapat dibeli secara efisien.


Pastikan Campuran Beton Merata


Bagian beton yang tidak tercampur dengan baik dapat menjadi zona lemah pada beton tersebut dan mempengaruhi kualitas beton secara keseluruhan. Hal ini terutama riskan jika beton diaduk secara manual.


Saat mencampur bahan beton secara manual, pastikan:

  • Tidak ada gumpalan ataupun gelembung udara.

  • Semua bahan dasar tercampur merata.

  • Air ditambahkan sedikit demi sedikit dan tidak berlebihan.

Jika menggunakan mesin pengaduk, pastikan bagian dalam mesin berjalan dengan baik dan alat-alatnya bersih sebelum menaruh bahan beton ke dalamnya. Bagian pengaduk yang penuh agregat atau gumpalan akan mempengaruhi kualitas akhir beton.


Curing dengan Tepat


Curing berperan penting pada pengembangan kekuatan dan daya tahan beton dan harus dilakukan segera setelah menempatkan beton. Jika curing tidak dilakukan dengan benar, beton dapat mengering, retak, atau berubah bentuk dan mempengaruhi kekuatan dan daya tahan beton.


Proses curing meliputi penjagaan kelembaban dan suhu beton sepanjang waktu yang dibutuhkan hingga beton mencapai kekuatan optimalnya (biasanya sekitar empat minggu). Beton yang dicuring dengan benar akan memiliki kadar air yang cukup untuk mengembangkan kekuatan beton hingga optimumnya, volume yang stabil, serta tahan pembekuan, pencairan, abrasi, dan pemuaian/penyusutan.


Dalam durasi curing beton, pastikan beton ditempatkan secara aman. Gangguan fisik dan cuaca, seperti lalu lintas berat, benturan benda keras, atau suhu yang terlalu panas maupun dingin dapat mempengaruhi kualitas akhir beton.


Beton ready mix siap untuk langsung dipakai.

Saat membutuhkan beton tetapi waktu pengerjaannya sempit, pertimbangkan beton ready mix atau pracetak. Bahan bangunan siap pakai ini tersedia di Tunas. Untuk harga dan informasi lainnya, hubungi Tunas sekarang juga:



Tentang Tunas

Tunas Niaga Konstruksindo (Tunas) adalah penyedia bahan bangunan berkualitas untuk berbagai proyek dan pabrik dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Komitmen utama Tunas adalah menjaga kepercayaan pelanggan dengan memberikan layanan prima melalui pengiriman barang tepat waktu dan solusi terbaik untuk kebutuhan spesifik Anda. Saat ini Tunas melayani pengiriman di area Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.


Referensi

Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page