top of page

Cara Memperbaiki Beton Spalling


Beton spalling

Beton yang terkelupas (spalling) tidak hanya mengurangi estetika ruangan, tetapi juga dapat menyebabkan masalah pada struktur bangunan. Untungnya, masalah ini dapat dengan mudah ditangani tanpa perlu mengganti seluruh beton yang terkena dampak.


Spalling beton adalah kondisi dimana permukaan beton mengalami pengelupasan. Hal ini bisa terjadi ketika terjadi korosi pada tulangan baja, air masuk ke dalam struktur beton, atau karena proses pembuatan betonnya kurang baik. Kondisi ini dapat membuat beton mengelupas maupun berlubang, bahkan pecah jika tidak segera ditangani. Beton spalling kerap terlihat di area yang terpapar air, seperti teras, jalan setapak, garasi, serta dek kolam renang.


Masalah Dengan Beton Spalling

Serpihan kecil yang terlepas dari permukaan beton mungkin tidak serius, tetapi jika pengelupasan sudah dimulai, maka air akan lebih mudah masuk ke dalam beton dan memperparah pengelupasan. Spalling yang semakin dalam akan mengurangi kekuatan fondasi beton dan dapat menyebabkan masalah struktural ke depannya. Beton yang keropos akan rentan retak dan runtuh, sehingga area bangunan tersebut tidak lagi aman untuk digunakan.


Memperbaiki Beton Spalling

Ada beberapa cara untuk memperbaiki beton yang mengelupas. Sebelum menentukan solusinya, pertama-tama Anda perlu menentukan tingkat keparahan spalling. Jika kedalaman bolongan kurang dari sepertiga kedalaman beton, maka area spalling bisa ditambal. Namun, jika lubangnya lebih dalam, baiknya membuang beton tersebut secara keseluruhan dan menggantinya dengan beton baru.


Jika masih bisa ditambal dan area spalling cukup besar atau luas, lapisi seluruh area lalu tambahkan ketebalan hingga 1-2 cm agar tidak mudah terkelupas kembali, serta memberikan hasil yang lebih merata dan cantik. Jika areanya kecil dan hanya sedikit terkelupas, Anda bisa menambalnya langsung pada titik atau area tersebut tanpa menambahkan ketebalan; hanya saja, menambal dengan metode ini biasanya akan terlihat hasilnya karena warnanya akan sedikit berbeda.


Sebelum menambal:

  • Bersihkan/cuci area yang akan diperbaiki dari kotoran, minyak, dan material lepasan lainnya.

  • Siapkan kompon penambal yang campuran semen betonnya serupa dengan material sekitarnya.

  • Ketahui panduan untuk menambal kompon, seperti suhu dan kelembapan yang diminta.

Setelah kompon siap, isi lubang-lubang dengan kompon hingga keluar dari area spalling sekitar 10-15 cm agar saat kompon mengering dan menyusut, hasil tambalan tidak cekung ke dalam dan mampu menutupi seluruh area yang terkelupas.


Setelah itu, ratakan area perbaikan dan biarkan hingga mengeras sepenuhnya. Durasi proses akan bergantung pda bahan yang digunakan dan kondisi cuaca. Lubang atau kelupasan yang kecil dapat diperbaiki dalam hitungan jam, sedangkan area yang lebih luas mungkin memerlukan waktu beberapa hari hingga selesai sepenuhnya.


Mencegah Spalling

Sulit untuk sepenuhnya mencegah pengelupasan, terutama di daerah tropis yang lembab. Namun, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk meminimalkan pengelupasan dan menjaga beton tetap prima selama bertahun-tahun.

  • Pasang beton dengan bantuan jasa profesional untuk permukaan yang besar atau terpapar cuaca.

  • Pastikan struktur beton memadai sehingga keretakan dapat dikendalikan dan bisa lebih resisten terhadap pengelupasan.

  • Oleskan sealant untuk mencegah air masuk ke dalam beton, dan aplikasikan kembali sesuai kebutuhan (misalnya, setiap tahun) agar tetap efektif.

  • Pastikan adanya drainase yang baik di sekitar beton agar air tidak menggenang di sekitaran beton dan menekan ke arah beton.

Semua beton dapat mengalami keretakan dan pengelupasan, terutama jika beton sudah terpakai lama di iklim tropis. Cegah kerusakan serius pada beton dengan menangani spalling sejak dini. Tunas menyediakan material untuk kebutuhan ini, dari semen berbagai merek hingga beton instan.




Tentang Tunas

Tunas Niaga Konstruksindo (Tunas) adalah penyedia bahan bangunan berkualitas untuk berbagai proyek dan pabrik dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Komitmen utama Tunas adalah menjaga kepercayaan pelanggan dengan memberikan layanan prima melalui pengiriman barang tepat waktu dan solusi terbaik untuk kebutuhan spesifik Anda. Saat ini Tunas melayani pengiriman di area Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.


Referensi

Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page