top of page

Cara Memilih Besi Beton untuk Konstruksi Bangunan


Besi beton atau baja tulangan adalah bahan bangunan berbentuk batang baja yang digunakan untuk memperkuat dan memberi daya tahan lebih pada beton bertulang maupun batu bertulang. Batang baja ini biasanya digunakan untuk membuat struktur beton bertulang pada bangunan besar seperti gedung, jembatan, jalan raya, dan infrastruktur lainnya karena mampu memikul beban berat dan menahan gaya tekan maupun tarik. Memilih besi beton yang tepat sangatlah penting agar konstruksi bangunan dapat memiliki kekuatan dan ketahanan yang optimal sehingga tahan lama.


Ada dua tipe besi beton, yaitu, besi beton polos dan besi beton ulir. Besi beton polos biasanya digunakan pada area umum yang tidak membutuhkan persyaratan bobot khusus, sedangkan besi beton ulir digunakan pada area yang membutuhkan kekuatan lebih seperti pada struktur kolom dan balok karena sifatnya yang lebih kokoh dan keras.


Berikut adalah tips agar dapat memilih besi beton yang tepat untuk pengerjaan konstruksi bangunan Anda.


Kualitas Besi Beton

Standar kualitas besi beton di Indonesia diatur oleh SNI (Standar Nasional Indonesia). Pastikan besi beton yang dipilih memiliki sertifikasi ini untuk menjamin standar kualitas besi beton memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan.


Kualitas besi beton sendiri ditentukan oleh kemampuan besi beton untuk menahan tekanan dan tarikan. Standar minimal yang dibutuhkan tergantung pada konstruksi bangunan itu sendiri. Selain itu, pastikan juga kualitas fisik dari besi beton yang akan dibeli dalam keadaan prima, seperti tidak berkarat ataupun berlubang. Besi beton yang terlalu lama disimpan seringkali berkarat.


Ukuran dan Bentuk Besi Beton

Ukuran besi beton yang digunakan pada suatu proyek biasanya ditentukan oleh perhitungan struktur dan beban yang diperkirakan akan ditanggung oleh bangunan tersebut. Besi beton umumnya tersedia dalam ukuran panjang 12 meter dengan diameter yang beragam. Diameter yang paling umum digunakan adalah besi beton 10 mm dan 12 mm, tetapi sebelum memutuskan diameter dan panjang besi beton, pastikan Anda telah mengetahui kebutuhan beban bangunan terlebih dahulu.


Bentuk besi beton juga perlu dipertimbangkan. Jika konstruksi membutuhkan desain lentur atau lengkungan, maka pilihlah besi beton polos yang lebih mudah dibengkokkan dan dibentuk. Besi beton ulir, di lain sisi, sulit dibentuk sehingga tidak dapat digunakan untuk kebutuhan tersebut.


Kondisi Lingkungan

Kondisi geografis di Indonesia yang seringkali mengharuskan bangunan berada di area basah dan/atau rawan gempa mensinyalkan kebutuhan akan besi beton dengan persyaratan khusus. Misalnya, bangunan di daerah dengan curah hujan tinggi atau berlokasi dekat dengan perairan memerlukan besi beton yang dilapisi dengan anti karat agar tidak mudah rusak bahkan saat sering terkena air. Di lain sisi, bangunan di daerah rawan gempa memerlukan besi beton dengan ketahanan tinggi agar bangunan tidak mudah rubuh.


Biaya

Harga besi beton dapat bervariasi tergantung dari kualitas, ukuran, dan bentuknya. Ingatlah bahwa kualitas besi beton akan mempengaruhi kekuatan dan ketahanan bangunan. Agar bangunan lebih aman dan tahan lama, gunakanlah besi beton yang memiliki daya tahan lebih kuat. Walaupun biayanya lebih tinggi, tetapi secara jangka panjang akan jauh lebih baik, terutama jika digunakan untuk konstruksi-konstruksi penting yang membutuhkan keamanan lebih seperti gedung komersial, bangunan publik, dan infrastruktur penting seperti jembatan penghubung area.


Jika ingin mengetahui ketersediaan dan harga besi beton berbagai tipe dan ukuran, jangan ragu untuk menghubungi Tunas Niaga Konstruksindo di bawah ini:




Referensi

Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page