top of page

Beton untuk Desain Interior: Apa Bisa?

Jika berpikir tentang beton, biasanya yang muncul di pikiran adalah beton bertulang pada rangka bangunan. Beton memang kebanyakan digunakan sebagai material penopang bangunan. Tetapi, sebenarnya beton sangat menarik untuk disertakan ke dalam desain interior. Di bawah ini adalah beberapa inspirasinya.


Tangga Beton


Beton memang kerap digunakan sebagai bahan utama pembuatan tangga, tetapi biasanya material betonnya sendiri tidak akan terlihat di disain akhirnya. Padahal, warna abu-abu beton yang memiliki corak alami juga dapat memperindah interior.

Tangga beton yang artistik
Desain tangga beton seperti di atas cocok untuk ruangan artistik seperti museum, galeri seni, ataupun lobi hotel butik. Berpadu apik dengan langit-langit beton, area ini terasa modern dan futuristik. (Foto: re-thinkingthefuture.com)
Tangga beton tulang tengah
Untuk area terbatas seperti pada rumah minimalis atau apartemen loft (berloteng), desain tangga beton seperti ini dapat memberi efek memperluas ruangan karena terdapat kisi-kisi di antara anak tangganya. Karena bahan beton sebenarnya kokoh, tulang tengah seperti ini sudah cukup untuk menahan beban sekaligus menghemat biaya material. (Foto: designcafe.com)
Tangga beton kantilever
Tangga beton kantilever ini menempel pada tembok beton sehingga tetap kuat walaupun tidak ada penyangganya. Untuk keamanan, railing bisa dipasang pada sisi tembok atau memasang dinding kaca pada sisi luar agar keunikan tangga kantilevernya dapat tetap terlihat. (Foto: re-thinkingthefuture.com)

Tembok Hiasan dari Beton


Corak akhir dari campuran beton yang mirip dengan corak bebatuan membuat bahan beton cocok dijadikan dinding hiasan. Di bawah ini adalah beberapa inspirasinya.

Beton sebagai dinding hiasan
Berpadu apik dengan warna putih dan corak kayu, ruangan dengan dinding hiasan beton terasa cantik di tengah interior minimalis. Dinding hiasan beton juga cocok untuk menjadi dinding latar TV. (Foto: FreePIK)
Dinding pemisah ruangan dari beton naked
Dinding hiasan beton juga dapat dipasang pada dinding pemisah ruangan seperti ini. Paduan warna putih, abu-abu beton, dan hitam membuat interior ruangan ini tampak cantik dan elegan. (Foto: PhotoWall)

Langit-Langit Beton


Langit-langit beton memang bisa memberikan rasa suram atau dingin. Namun, kreativitas tertentu dapat membuat langit-langit beton menjadi menarik. Salah satu contohnya adalah pada gambar di bawah ini, di mana permainan lampu-lampu bergaris panjang yang menempel pada plafon beton sukses menghangatkan rasa dinding dari beton. Tidak hanya menghangatkan, tetapi juga memberikan efek estestis yang menambah semarak ruangan tersebut.

Permainan lampu yang menghangatkan langit-langit beton
Foto: ORA

Furnitur dari Beton


Beton juga dapat dibuat menjadi berbagai furnitur yang menarik. Yang paling umum terlihat adalah bangku panjang, meja makan, island dapur, atau shelf panjang dari beton seperti terlihat di bawah ini.

Bangku panjang dari beton
Foto: Interior Design Ideas
Meja makan dan shelf memanjang dari beton.
Foto: Arch Daily

Tetapi jika Anda tertarik dengan disain avant garde atau yang super unik, Anda juga bisa membuat mebel beton seperti di bawah ini.

Kursi berbentuk huruf pi dari beton
Kursi beton berlambang pi (π) ini akan cocok dijadikan sebagai bangku hiasan di dalam rumah atau sebagai bangku taman. Dijamin, kursi ini akan menarik perhatian para tamu Anda. (Foto: Jassal Driving)
Meja dari beton bertulang naked.
Meja beton “bertulang” ini tampak brutal tetapi sekaligus unik. Bisa dijadikan sebagai meja tamu, coffee table, bahkan sebagai meja pajangan yang tentunya akan menarik perhatian para pengunjung. (Foto: Design Dunker)

Beton dapat menawarkan Anda estetika unik yang tidak dapat ditawarkan oleh bahan lain. Jika Anda siap untuk menyertakan beton ke dalam desain interior Anda, bermitralah dengan Tunas yang berpengalaman sebagai penyedia bahan bangunan berkualitas. Kami menyediakan semen untuk membuat beton hingga beton pracetak.



Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page