top of page

5 Arsitektur Unik dengan Wiremesh


Wiremesh adalah kawat logam –biasanya menggunakan baja– yang hadir dalam bentuk lempengan tetapi dengan celah-celah yang teratur. Dengan teknologi yang tersedia saat ini, wiremesh kini dapat diproduksi dalam jumlah besar sehingga harga wiremesh semakin terjangkau dan mudah didapatkan. Karena fiturnya yang kuat dan fleksibel, wiremesh kini mulai banyak disertakan ke dalam desain arsitektur untuk memberikan efek visual yang unik dan menarik.


Wiremesh di Dunia Arsitektur


Wiremesh sudah lama digunakan dalam konstruksi bangunan, terutama wiremesh M6 dan wiremesh M8 pada struktur gedung dengan beton bertulang. Ketika beton dituang di sekitar wiremesh ini, beton akan mencengkeram wiremesh dan secara efektif menghambat gerakan internalnya secara horizontalnya. Hal ini dapat membantu mencegah keretakan pada beton saat terjadi pergerakan pada tanah, perubahan suhu, maupun fluktuasi kelenturan dari beban yang berubah-ubah.


Dalam pemakaian umum di atas, tentunya wiremesh tidak terlihat pada produk akhirnya. Wiremesh yang sering dilihat oleh masyarakat adalah yang digunakan sebagai pagar atau pembatas area, seperti di lapangan olahraga luar ruangan, di sekitar zona berbahaya, ataupun sebagai pembatas kepemilikan area. Wiremesh jenis ini tentunya sederhana dan kurang menarik untuk dipandang.


Tetapi sebenarnya, wiremesh bisa didisain menjadi menarik. Lihat saja lima arsitektur wiremesh di bawah ini.





Alasan Memakai Wiremesh di Arsitektur Gedung

Seperti yang terlihat di atas, wiremesh dapat disertakan sebagai bagian dari desain arsitektur untuk memberikan gaya yang unik dan berbeda. Jika Anda perlu alasan lebih jauh lagi tentang penggunaan wiremesh pada arsitektur, di bawah ini adalah alasan-alasan utamanya:


Keamanan

Bangunan yang dilindungi wiremesh lebih aman dari bahaya sambaran api, terpaan reruntuhan, hingga serangan dari luar bangunan.


Ventilasi dan Cahaya Alami

Selain memberikan perlindungan, transparansi wiremesh arsitektural juga memberikan cahaya alami dari matahari dan memungkinkan aliran ventilasi udara yang baik.


Desain Fleksibel

Wiremesh sangat mudah divariasikan. Ukuran wiremesh disesuaikan dan sisinya bisa dibentuk lurus atau bergelombang, dicat dengan warna yang diinginkan, atau dilapisi bahan lainnya untuk memberikan efek berbeda. Fleksibilitas inilah yang membuat wiremesh menjadi pilihan menarik untuk disertakan sebagai bagian dari desain arsitektur untuk memberikan gaya yang modern yang unik dan berbeda.


Ingin menyertakan wiremesh dalam proyek arsitektur Anda?


Jangan ragu untuk mendiskusikan kebutuhan wiremesh Anda dengan Tunas.





Referensi

Commentaires


Les commentaires ont été désactivés.
bottom of page