top of page

5 Arsitektur Futuristik Modern di Indonesia


Gedung futuristik modern

Perkembangan teknologi desain dan arsitektur semakin berkembang, dan Indonesia pun tidak ketinggalan. Dalam beberapa dekade terakhir, industri desain interior dan arsitektur bertumbuh pesat di Indonesia, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Tangerang, dan Bandung. Kini, gedung futuristik semakin jamak ditemukan di dalam negeri.


Ciri-ciri arsitektur futuristik modern diantaranya adalah fasad yang dinamis, bentuk yang diinspirasi oleh bentuk geometris, bentukan baru yang tidak selalu beraturan, dan tidak memakai seni ornamen melainkan dan menggunakan bahan bangunan yang terekspos sebagai unsur keindahan arsitektur dan interior bangunan.

Mari kita simak beberapa bangunan futuristik di Indonesia yang tersebar dari gedung perkantoran, institusi pendidikan, hingga tempat ibadah.


Bangunan Futuristik Teras Lakon, Tangerang

Gedung futuristik kubus Teras Lakon, Gading Serpong, Tangerang

Gedung Teras Lakon ini baru saja resmi berdiri di Gading Serpong, Tangerang dan langsung menjadi buah bibir massa karena arsitekturnya yang futuristik. Akan menjadi pusat karya kreasi kebudayaan Indonesia, gedung ini tampak unik dengan menggabungkan kubus-kubus beton berwarna abu tanah yang bersanding serasi dengan hijaunya tumbuh-tumbuhan. Bahan bangunan utamanya tentu saja beton. Selain digunakan untuk membangun kubus-kubus badan bangunan, elemen ini juga tampak digunakan sebagai planter, tangga, pembatas, dan paving block.


Pena Modern Wisma 46, Jakarta

Gedung futuristik Wisma 46 BNI, Jakarta

Salah satu ikon area bisnis di Jakarta, gedung Wisma 46 ini sudah tampil futuristik sejak tahun 1996. Kolom serta balok bangunannya menggunakan beton bertulang, sedangkan atapnya terbuat dari rangka baja dengan struktur gable. Desainnya sendiri mengambil inspirasi dari bentuk pena.


Masjid Modern Masjid Al Irsyad, Bandung

Masjid futuristik modern di Bandung

Masjid Al Irsyad di kawasan Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung merupakan salah satu masjid destinasi wisata religi. Bangunannya sendiri terlihat unik karena tidak berbentuk seperti masjid pada umumnya. Tanpa kubah, Masjid Al Irsyad berbentuk kubus dengan fasad berongga yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk lafaz syahadat. Fasad ini tampak menggunakan jenis bata ringan karena bentuknya yang rapi dan sangat seragam.


Konsep arsitektur hijau juga diberlakukan di masjid ini dengan banyaknya ruang terbuka di bagian dalamnya. Mihrab dan mimbarnya berpadu dengan bentangan gunung dan pepohonan hijau, di mana terdapat pula sebuah bola beton besar bertuliskan lafaz Allah.

Bola beton dengan lafaz Allah

Gedung Oval Futuristik JHL Solitaire, Tangerang

Gedung oval futuristik di Gading Serpong, Tangerang

Gedung dengan bagian atas berbentuk oval ini sudah lama menjadi salah satu ikon di kawasan Gading Serpong, Tangerang. Lapisan fasad luar oval ini terbuat dari rangkaian baja yang mengelilingi fasad bagian dalam yang merupakan gabungan antara garis-garis horisontal, vertikal, dan diagonal yang memberi efek lengkung. Platform rangka baja di bagian luar ini tidak hanya berguna untuk mempercantik eksterior bangunan, tetapi sekaligus menjadi jalur maintenance untuk membersihkan dan merawat bagian luar gedung tanpa harus menggunakan gondola.


Kampus Kubus Modern di Alam Sutera

Kampus futuristik Binus Alam Sutera

Memiliki beberapa cabang, Universitas Bina Nusantara (Binus) menjadikan bangunan di cabang Alam Suteranya sebagai flagship. Menara berlantai 21 ini dirancang dalam bentuk tumpukan kotak-kotak tidak beraturan yang menjadi salah satu ikon kawasan Alam Sutera. Fasadnya menggunakan beton precast yang dilubang-lubangi agar cahaya dan udara bisa masuk, sedangkan plafon di area dalamnya menggunakan konsep exposed (terbuka) kecuali di ruang laboratorium yang menggunakan gipsum. Total beton yang dipakai mencapai tiga ribu meter persegi.


Anda juga bisa membangun gedung futuristik Anda sendiri. Untuk kebutuhan semen, beton, dan baja, percayakan pada Tunas yang sudah bermitra dengan ratusan proyek segala skala.


Tentang Tunas

Tunas Niaga Konstruksindo (Tunas) adalah penyedia bahan bangunan berkualitas untuk berbagai proyek dan pabrik dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Komitmen utama Tunas adalah menjaga kepercayaan pelanggan dengan memberikan layanan prima melalui pengiriman barang tepat waktu dan solusi terbaik untuk kebutuhan spesifik Anda. Saat ini Tunas melayani pengiriman di area Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.


Referensi





Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page