top of page

3 Cara Rumah Menangkal Banjir


rumah banjir

Sebagai negara agraris dan kepulauan, Indonesia tentunya fasih tentang air. Dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari, sayangnya air juga bisa menjadi wabah saat debitnya tinggi dan menyebabkan banjir. Bagi mereka yang tinggal di daerah rawan banjir, tentunya sangat penting untuk membangun rumah yang tahan banjir.


Bagaimana cara memastikan rumah kita aman dari banjir? Berikut ini adalah beberapa caranya.


Beton sebagai Pertahanan Utama


Beton sangat efektif dalam melindungi rumah dari banjir karena sifat tahan air dan daya tahannya yang tinggi terhadap tekanan air. Dengan demikian, air tidak mudah meresap ke dalam struktur rumah dan interior rumah aman dari kelembaban berlebihan dan kebocoran air. Selain itu, beton juga tahan terhadap berbagai bahan kimia dan korosi yang kerap tercampur dalam air banjir.

Untuk menjadikan beton sebagai benteng rumah Anda, pertimbangkan:

  • memilih beton bertulang berkualitas baik pada pondasi rumah untuk melindungi struktur bangunan di atasnya.

  • drainase yang cukup menampung debit air tinggi. Jika gorong-gorong depan rumah dianggap kurang besar, tambahkan drainase di area dalam dengan mengelilingi bangunan rumah. Untuk kemudahan, gunakan beton precast khusus drainase untuk membangunnya.

Rumah Panggung: Unik dan Anti Banjir


Desain rumah panggung melibatkan pembangunan rumah di atas tiang atau kolom yang ditinggikan dari permukaan tanah, menciptakan ruang hampa di bawahnya. Konsep ini memberikan perlindungan alami terhadap banjir karena ruang hampa di bawah dapat memaksimalkan area penyerapan air, dan rumah terangkat di atas ketinggian sehingga aman dari kontak langsung dengan air banjir. Karena itulah desain rumah panggung sangat baik untuk menghindari kerusakan struktural dan kelembaban yang biasanya terkait dengan banjir.


Selain itu, rumah panggung juga memiliki nilai estetika dan keunikannya tersendiri. Di bawah ini adalah contoh konsep rumah panggung modern yang dapat menjadi inspirasi Anda.


rumah panggung anti banjir

Walaupun sekilas tidak tampak seperti rumah panggung, tetapi sebenarnya desain di atas tetap merupakan rumah panggung karena area lantai duanya disokong oleh beberapa tiang kolom. Inspirasi dari desain ini adalah maksimalisasi permukaan tanah terbuka di lahan rumahnya, serta penggunaan woodplank yang terbuat dari beton untuk area lantai satunya sehingga tahan air jika sampai terjadi luapan banjir.


rumah panggung anti banjir

Desain di atas ini juga menarik. Walaupun tampak seperti rumah minimalis biasa, tetapi desain rumah panggungnya terlihat jelas dari ruang hampa di bawah area-area utamanya. Area hijau di sebagian ruang hampa bawah rumahnya akan berfungsi sebagai daerah resapan air tambahan, dan area struktur bawah rumah menggunakan beton yang tahan air.


Meninggikan Fondasi


Untuk daerah Jakarta dan sekitarnya, sudah banyak rumah yang menangkal banjir dengan meninggikan fondasinya. Desain rumahnya tentu saja seperti rumah biasa, hanya saja desain area sekitar pagar akan bertambah kecuramannya karena perbedaan tinggi antara jalanan dan dasar rumah. Jika Anda ingin melakukan hal ini, sertakan juga tangga masuk dari jalanan agar penghuni dan tamu bisa masuk ke rumah dari jalanan dengan aman.


Jika Anda tinggal di area rawan banjir dan bermaksud merenovasi rumah, pertimbangkan juga ide untuk menangkal banjir selain meninggikan fondasi rumah. Desain rumah panggung bisa menghemat biaya renovasi, bahkan menambah drainase di area sekitar bangunan rumah bisa jadi membantu menurunkan resiko banjir di area sekitar Anda.


Untuk opsi ragam bahan bangunan berkualitas, jangan ragu untuk menghubungi kami:



Tentang Tunas

Tunas Niaga Konstruksindo (Tunas) adalah penyedia bahan bangunan berkualitas untuk berbagai proyek dan pabrik dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Komitmen utama Tunas adalah menjaga kepercayaan pelanggan dengan memberikan layanan prima melalui pengiriman barang tepat waktu dan solusi terbaik untuk kebutuhan spesifik Anda. Saat ini Tunas melayani pengiriman di area Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page